Aplikasi Kehamilan Terbaik di Android 2024 untuk Ibu Hamil dan Bayi

admin

Di Indonesia, perhatian lembaga kesehatan terhadap ibu hamil sejatinya sudah sangat bagus dan juga cepat tanggap. Namun, bagi mereka yang baru pertama kali hamil tentunya selalu dipenuhi rasa was-was serta kekhawatiran karena menjadi tantangan pertama dalam  kehidupannya. Oleh karena itu, mendapatkan pengetahuan tambahan dari aplikasi kehamilan terbaik di Android merupakan pilihan tepat untuk kita coba.

Tersedia banyak aplikasi untuk ibu hamil gratis yang bisa kita download di Play Store. Masing-masing memiliki konten yang terjamin akurat dan tentunya sudah mendukung bahasa Indonesia sepenuhnya. Untuk mengetahui rincian lengkapnya, silakan cek rinciannya di bawah ini.

Aplikasi Kehamilan Terbaik di Android

Inilah beberapa aplikasi kehamilan terbaik dan terpopuler yang telah digunakan oleh jutaan ibu hamil di seluruh penjuru Indonesia:

1. Teman Bumil

Di urutan pertama ada aplikasi karya Global Urban Esensial yang tidak hanya berfungsi sebagai penyedia informasi kehamilan, namun juga komunitas ibu hamil. Tak heran, Teman Bumil sering disebut sebagai sosial medianya ibu-ibu hamil.

Selain memiliki konten yang interaktif dan tampilan yang simpel, aplikasi ini pun menyediakan banyak fitur menarik. Contohnya fitur rekam medis, milestone (memantau tubuh kembang bayi), video edukatif, artikel berisi tips kehamilan, jurnal, dan komunitas.

Untuk komunitasnya sendiri tidak hanya berisikan kumpulan ibu hamil, namun juga tersedia beragam dokter ahli mulai dari dokter anak, dokter kandungan, bidan, dokter laktasi, hingga psikolog. Kalian bisa berdiskusi gratis dan juga mengikuti giveaway setiap minggunya.

JenisKeterangan
Developer AppGlobal  Urban Esensial
Ukuran Aplikasi45 MB
Total Unduhan1 juta+ download
Download AppDownload Teman Bumil di Play Store

2. Asianparent: Kehamilan & Bayi

Sebagai aplikasi kehamilan dan parenting terbesar dan terpopuler di Asia, aplikasi besutan theAsianpartent ini tidak hanya berfungsi sebagai komunitas para orang tua (ibu & ayah), namun juga sebagai sarana pendukung kehamilan yang super komplit (superapp).

Baca Juga :  Cara Ajukan Pinjaman Uang di Aplikasi Dana Mudah dan Cepat

Fitur unggulan yang tersedia di dalamnya meliputi kalender kehamilan, pelacak perkembangan bayi, pelacak susu & makanan bayi, pelacak jam tidur bayi, info seputar resep makanan, info pasca persalinan, hingga uji kesehatan bayi dalam kandungan.

Bagi kalian yang telah memiliki anak kecil, maka bisa juga menyuguhkannya dengan konten ramah anak yang berisikan lagu-lagu anak beserta video hiburan yang penuh kelucuan yang sudah terintegrasi langsung di dalam aplikasi ini.

JenisKeterangan
Developer AppTheAsianparent
Ukuran Aplikasi32 MB
Total Unduhan5 juta+ download
Download AppDownload Asianparent di Play Store

3. Hallobumil

Hallobumil yaitu sebuah aplikasi pendamping parenting & kehamilan dari KlikDokter. Dengan aplikasi ini, maka kalian akan serasa di dampingi oleh dokter pribadi saat masa persiapan kehamilan, masa mengandung, persalinan / kelahiran, hingga pasca kelahiran.

Berbeda dengan aplikasi lain, Hallobumil akan menyapa para penggunanya layaknya bayi yang sedang berbicara terhadap ibu mereka. Selain itu, kalian pun bisa konsultasi langsung ke dokter kandungan dan dokter anak (biaya terpisah diperlukan).

Fitur yang dimilikinya pun sangatlah lengkap. Contohnya status program kehamilan, kalender kehamilan, periksa / kontrol, penghitung tendangan janin, waktu kontraksi, perkembangan bayi, pertumbuhan bayi, tracker pemberian asi, tracker tidur bayi, album foto bayi, masa nifas, dan juga artikel & video kehamilan & menyusui.

JenisKeterangan
Developer AppKlikDokter
Ukuran Aplikasi26 MB
Total Unduhan1 juta+ download
Download AppDownload Hallobumil di Play Store

4. Kehamilan +

Di urutan selanjutnya ada aplikasi kehamilan yang akurat dan telah digunakan oleh puluhan juta pengguna di Indonesia yaitu Kehamilan +. Aplikasi yang telah di download oleh lebih dari 45 juta keluarga di dunia ini terkenal akan kontennya yang begitu lengkap, bahkan tersedia model 3D interaktif.

Aplikasi kehamilan terbaik satu ini memiliki fungsi utama sebagai pelacak perkembangan bayi. Mulai dari masa blastokista, fetus, lalu menuju bayi semuanya tersedia dalam model 3D yang interaktif. Tersedia pula visualisasi ukuran bayi yang akan diperbarui tiap hari hingga minggunya.

Tersedia beragam fitur menarik yang tidak dimiliki aplikasi lain. Misalnya rekomendasi nama bayi, rencana kelahiran, catatan berat badan, daftar belanja perlengkapan bayi, pelacak janji prenatal via jurnal harian, kalkulator persiapan hari persalinan, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga :  Apa Itu Aplikasi Wechat dan Fitur Kegunaannya
JenisKeterangan
Developer AppPhilips Digital UK Limited
Ukuran Aplikasi54 MB
Total Unduhan10 juta+ download
Download AppDownload Kehamilan + di Play Store

5. BukuBumil

Bagi yang ingin melihat gambaran buah hati dalam animasi dan video USG 3D, 4D, dan MRI, maka BukuBumil merupakan pilihan yang tepat untuk kalian coba. Walaupun memiliki ukuran yang relatif kecil yaitu sekitar 20 MB, namun fitur yang ada di dalamnya terbilang lengkap.

Beberapa di antaranya yaitu alat pemantau perkembangan janin, cek animasi USG sesuai usia kehamilan, tips-tips kehamilan lengkap, musik klasik yang menenangkan, kalkulator kehamilan, cek berat badan, hingga lagu rohani dan ayat Quran (juga audio untuk Kristen, Hindu, Budha, dan Katolik).

Imperial Healthtech selaku developer aplikasi ini pun menyediakan beragam aplikasi kesehatan lain yang bisa kalian coba. Contohnya Buku Bayi untuk melihat perkembangan bayi, Centafit untuk cek kesehatan, dan MedMinutes.

JenisKeterangan
Developer AppImperial Healthtech
Ukuran Aplikasi20 MB
Total Unduhan100 ribu+ download
Download AppDownload Buku Bumil di Play Store

6. Ovia Pregnancy & Baby Tracker

Walaupun belum sepenuhnya mendukung bahasa Indonesia, namun aplikasi bernama Ovia Pregnancy ini menjadi salah satu tool andalan ibu hamil yang berisikan fitur super lengkap serta dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Ovia Health, salah satu perusahaan kesehatan digital yang telah digunakan oleh lebih dari 15 juta keluarga di dunia. Selain aplikasi ini, juga terdapat aplikasi lain yang bisa kalian gunakan yaitu Ovia Parenting & Baby Tracker serta Ovia Fertility & Period Tracker.

Sama seperti buku Bumil, aplikasi ini pun memiliki gambar dan video ilustrasi 3D terkait perkembangan bayi. Selain itu, ada fitur lain yang tak kalah menarik seperti bump tracker, kalkulator tanggal kehamilan, rekomendasi nama bayi, kick counter, timer kontraksi, hingga dukungan postpartum.

JenisKeterangan
Developer AppOvia Health
Ukuran Aplikasi21 MB
Total Unduhan1 juta+ download
Download AppDownload Ovia Pregnancy & Baby Tracker di Play Store

7. HiMommy – Kehamilan

HiMommy merupakan aplikasi untuk ibu hamil terbaik yang sangat berguna bagi para ibu maupun calon ibu selama dalam masa kehamilannya. Dengan aplikasi ini, kalian bisa mendapatkan notifikasi rutin terkait perkembangan janin tiap harinya.

Bahkan, kalian pun bisa mendengarkan kata-kata yang seolah-olah diceritakan oleh bayi kepada kalian baik calon ibu maupun calon ayah.

Terdapat pula beragam informasi penting seperti hal-hal yang harus dilakukan dan harus dihindari selama kehamilan, pelacakan ukuran berat badan, kecepatan perkembangan bayi, dan perkembangan calon ibu hamil itu sendiri.

JenisKeterangan
Developer AppHiMommy
Ukuran Aplikasi69 MB
Total Unduhan500 ribu+ download
Download AppDownload HiMommy di Play Store

Itu dia beragam aplikasi kehamilan terbaik di Android yang bisa kalian instal untuk membantu proses perkembangan kehamilan secara lebih baik, semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?