Bahan-Bahan Kain untuk Seragam Teknisi

Seragam teknisi merupakan baju wajib yang harus dikenakan para pekerja yang menjalankan tugasnya di bidang teknisi. Karena merupakan baju khusus, bahan yang digunakan pun harus istimewa. Ada beberapa jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat seragam teknisi, baik kemeja, celana, kaus, maupun jaket. Berikut ini bahan-bahan kain yang bisa Anda pilih untuk membuat baju teknisi sesuai keinginan.

# Bahan Kemeja dan Celana

Untuk bahan kemeja maupun celana, ada beberapa bahan kain yang cocok untuk digunakan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.  Drill

Sifat dari bahan ini antara lain mempunyai tekstur dan serat garis miring, permukaan depan dan belakang berbeda, dan tenunannya cukup rapat sekaligus kuat. Namun begitu, bahannya cukup lembut serta tahan kusut. Tak heran jika bahan ini sering digunakan untuk seragam lapangan, teknisi, serta pekerja kantoran.

2.  Oxford

Sifat dari bahan ini antara lain mempunyai tekstur lebih rata daripada drill, pintalan kainnya seperti titik-titik pixel.

3.  Twist

Sifat dari bahan ini antara lain mempunyai tekstur halus dan mengkilap. Oleh karena itu, bahan ini terlihat cukup elegan. Bahan ini lebih cocok digunakan untuk blazer, seragam safari, atau seragam yang digunakan di dalam kantor.

# Bahan Kaos dan Polo Shirt

Untuk bahan kaus, ada beberapa pilihan kaus yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.  Katun

Banyak orang yang menyenangi bahan yang satu ini. Sebab, serat benangnya sangat halus, permukaan rata, dan nyaman digunakan. Bahan ini juga cukup adem saat digunakan. Plusnya lagi, katun juga dapat menyerap keringat karena terbuat dari 100% serat kapas. Bahan katun ini mempunyai beberapa jenis berdasarkan persentase kapas yang digunakan.

2.  Poliester

Bahan ini terbuat dari serat sintetis atau hasil minyak bumi. Tak heran jika bahan ini tidak mudah menyerap keringat. Bila digunakan Anda akan merasakan panas.

3.  Lacoste Cotton

Sama seperti bahan katun, bahan ini juga mempunyai kandungan katun hingga 100%. Oleh karena itu, daya serap terhadap keringat cukup tinggi.

4.  Lacoste PE

Bahan kaus polo shirt ini dibuat dari serta sintesis. Sayangnya, bahan ini tidak menyerap keringat, agak kasar, dan lebih cepat berbulu setelah mengalami pencucian beberapa kali.

# Bahan Jaket dan Sweater

Bahan jaket dan sweater sangat beragam, mulai dari diadora, kanvas, twill, drill, hingga babytery. Setiap bahan mempunyai kelemahan dan keunggulan masing-masing. Jaket atau sweater memang bukan merupakan seragam. Namun, keberadaannya dapat melindungi seragam dari debu selama di perjalanan menuju suatu tempat. Sebagai konsumen, Anda bisa memilih salah satu bahan yang cocok untuk digunakan sebagai pelengkap dari seragam teknisi.