Cara Beli dan Jual Saham di Ajaib tanpa Ribet, Cocok untuk Pemula!

admin

Kebutuhan hidup sehari-hari sekarang ini semakin meningkat, mulai dari biaya sandang, pangan, hingga untuk kebutuhan pendidikan. Ditambah lagi ada beberapa faktor yang mungkin membuat pertumbuhan ekonomi menjadi terhambat seperti inflasi atau resesi. Hal ini tentunya dapat diminimalisir ketika Anda memiliki jaminan keuangan seperti investasi.

Ketika seseorang melakukan investasi, mereka bukan hanya sekedar mencoba-coba untuk menguji keberuntungan mereka. Namun, investasi merupakan sebuah cara dalam menjamin modal dan cadangan untuk masa depan atau masa tua.

Investasi tentunya dapat dilakukan dengan banyak cara dan dengan berbagai instrumen. Salah satu instrumen investasi yang akan dibahas pada kali ini adalah investasi saham.

Banyak orang awam yang beranggapan jika melakukan investasi saham akan memerlukan proses pembelian dan proses penjualan yang rumit. Bagi mereka yang merasa kebingungan biasanya belum mengetahui jika sekarang ini terdapat platform yang dapat membantu dalam melakukan investasi saham secara mudah.

Maka dari itu, Anda tidak perlu kebingungan mencari tempat investasi saham karena sekarang ini telah hadir aplikasi “Ajaib” yang dapat membantu Anda dalam melakukan investasi saham secara mudah hingga cocok untuk pemula. Jika Anda belum mengetahui apa itu aplikasi Ajaib, berikut ini adalah penjelasannya.

Apa itu Platform Ajaib?

Ajaib merupakan salah satu aplikasi investasi yang dapat membantu Anda dalam memudahkan investasi secara online. Aplikasi Ajaib menyediakan berbagai jenis investasi seperti saham hingga reksadana. Aplikasi Ajaib dapat menjadi platform terbaik dalam melakukan trading saham karena dapat dilakukan secara real-time.

Selain digunakan sebagai platform transaksi jual beli investasi. Ajaib juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengetahui dan mempelajari investasi. Disana Anda dapat mempelajari bagaimana cara investasi yang tepat beserta tips berinvestasi.

Nah, sebelum Anda terjun secara langsung, Anda dapat mengetahuinya melalui artikel berikut mengenai cara membeli dan juga menjual saham di aplikasi Ajaib. Jadi, ketika nanti Anda telah mendaftar sebagai pengguna aplikasi Ajaib, Anda akan dapat langsung mengimplementasikannya.

Baca Juga :  Mengenal Teknik Day Trading dan Keuntungannya

Namun sebelum Anda terjun dalam dunia investasi, Anda persiapkan adalah saldo RDN terlebih dahulu. Saldo RDN adalah saldo yang wajib dimiliki investor guna melakukan transaksi pada pasar modal.

Cara Membuka Rekening Saham atau Saldo RDN

Jika Anda merupakan pemula dan belum memiliki rekening saham atau saldo RDN berikut adalah tahapan yang dapat Anda lalui:

  • Persiapkan dokumen dan juga berkas penting seperti KTP dan Nomor Pokok Wajib Pajak.
  • Jika Anda masih seorang pelajar dan belum memiliki NPWP, Anda dapat menggunakan NPWP milik orang tua.
  • Siapkan dokumen pendukung lainnya seperti fotokopi buku tabungan pada halaman depan beserta materai dengan jumlah 2 lembar.
  • Selanjutnya Anda dapat memilih bank sekuritas dimana Anda ingin membuat rekening saham tersebut.

Nah itu dia bagaimana cara membuat atau membuka rekening saham untuk saldo RDN. Pastikan Anda memilih bank sekuritas yang sudah terjamin oleh OJK. Jika Anda bingung mencari bank sekuritas yang sudah terjamin oleh OJK, Anda dapat menggunakan aplikasi Ajaib.

Anda dapat membuka rekening saham di Ajaib secara online dan dapat dibuat dari manapun serta kapanpun. Selain itu Anda juga hanya dikenakan minimum setoran sebesar Rp100.000 pada aplikasi Ajaib.

Cara Beli Saham di Ajaib

Setelah Anda memiliki rekening saham dan sudah memiliki saldo di dalamnya. Anda dapat melakukan pembelian saham di Ajaib dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama Anda harus menentukan saham apa yang ingin Anda beli. Jika sudah Anda dapat memilih tombol “beli”.
  • Setelah Anda menekan tombol beli, Anda akan masuk pada bagian “Order Book”. Pada bagian ini Anda dapat memilih harga saham yang sesuai dengan pilihan Anda. Jika sudah Anda juga harus menentukan berapa jumlah lot yang ingin Anda beli.
  • Selanjutnya pilih “Beli” pada bagian bawah untuk melanjutkannya.
  • Setelah itu Anda akan diarahkan untuk melakukan konfirmasi order kembali dengan menekan kembali tombol “Beli”.

Setelah Anda berhasil membeli saham pada aplikasi Ajaib Anda dapat memantau performa dari saham yang Anda beli tersebut pada halaman portofolio.

Baca Juga :  Cara Pinjam Uang Di Aplikasi Aladin Mudah, Cepat, Tanpa Jaminan

Cara Jual Saham di Ajaib

Selain membeli saham di aplikasi Ajaib Anda tentunya juga dapat melakukan transaksi jual di aplikasi Ajaib. Sebagai investor, menjual saham merupakan keputusan yang tidak mudah. Mereka yang memiliki prinsip selling winners too early biasanya akan langsung menjualnya ketika sudah mencapai keuntungan yang belum maksimal.

Jika Anda termasuk jenis investor seperti itu, maka Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menjual saham yang tepat di aplikasi Ajaib. berikut ini adalah caranya:

  • Pertama, buka halaman portofolio untuk melihat saham apa saja yang sudah Anda beli.
  • Selanjutnya pilih saham yang ingin Anda jual dengan menekan tombol “Jual”.
  • Jika Anda sudah memilih maka Anda akan diarahkan ke menu “Order Book.
  • Sama seperti ketika Anda membeli saham, jika Anda ingin menjual saham maka Anda harus memilih harga dan juga berapa lot saham yang ingin Anda jual.
  • Anda akan diarahkan ke menu konfirmasi kembali dengan menekan tombol “Jual”.
  • Penjualan saham yang Anda lakukan kini telah berhasil. Anda dapat mengecek status order penjualan Anda pada halaman Transaksi.

Ketika Anda menjual saham yang Anda miliki, tentunya tidak akan langsung masuk ke dalam saldo rekening Anda. Hasil penjualan saham tersebut memerlukan waktu pending selama kurang lebih 2 hari kerja.

Proses pending ini termasuk dalam proses sending. Pada proses ini Anda masih dapat melakukan pembatalan dengan memilih tombol “Cancel Order”. Untuk mengetahui kapan waktu yang efektif dalam melakukan transaksi saham, Anda dapat melakukannya pada hari Senin-Jumat, tepatnya pada pukul 09.00-15.00 WIB. Waktu ini dikatakan efektif karena merupakan waktu jam perdagangan saham pada Bursa Efek Indonesia.

Itu dia penjelasan bagaimana cara membeli dan menjual saham yang mudah pada aplikasi Ajaib. PAstikan Anda sudah mengetahui apa saja dasar dasar dari investasi serta resiko yang akan dihadapinya. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?