Cara Berinvestasi Di Pasar Modal yang Bikin Cuan!

admin

Investasi sudah menjadi istilah yang familiar di kalangan anak milenial. Investasi merupakan aktivitas menanamkan modal untuk memperoleh keuntungan. Selain itu investasi juga dapat menghasilkan passive income dan mempertahankan aset kekayaan.

Bentuk investasi yang diminati kalangan muda saat ini adalah berinvestasi di pasar modal. Terdapat berbagai bentuk investasi yang ada di pasar modal, yaitu saham, obligasi, serta reksadana.

Untuk dapat menghasilkan keuntungan dari investasi di pasar modal, sebaiknya Anda mengetahui dahulu mengenai investasi di pasar modal, kelebihan, dan caranya. Simak pembahasan berikut ini mengenai cara investasi pasar modal yang bikin cuan.

Apa Itu Pasar Modal?

Pasar modal bisa diartikan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan transaksi oleh perusahaan, pemerintah, serta masyarakat dalam mencari keuntungan. Sedangkan investasi pasar modal sendiri merupakan aktivitas menanamkan aset/modal di beberapa bentuk investasi kemudian mendapat keuntungan dari sana. Contoh dari macam investasi di pasar modal ini antara lain: saham, obligasi, serta reksadana.

Satu-satunya pasar modal Indonesia ialah Bursa Efek Indonesia (BEI). Untuk dapat berinvestasi di BEI, Anda diwajibkan untuk mendaftar di perusahaan sekuritas terlebih dahulu. Legalitas dari perusahaan sekuritas juga perlu diperiksa agar dapat berinvestasi di pasar modal secara aman.

Kelebihan Aktivitas Investasi Saham Di Pasar Modal

Aktivitas berinvestasi akan meraup banyak kelebihan jika Anda benar-benar melakukannya dengan niat. Berikut kelebihan berinvestasi di pasar modal.

Baca Juga :  Manajer Investasi di Balik Keberhasilan Reksa Dana Para Investor

1. Menawarkan Keuntungan Tinggi

Jika dilakukan dengan benar, investasi di pasar modal akan dapat meraih keuntungan yang tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan kenaikan nilai IHSG per tahunnya. Kenaikan nilai IHSG tersebut membuktikan bahwa BEI semakin bertumbuh.

2. Diawasi Oleh Negara

Aktivitas berinvestasi di pasar modal akan dapat terlaksana dengan aman dan nyaman apabila Anda memilih perusahaan sekuritas dan platform yang legal. Karena perusahaan tersebut ada di bawah pengawasan pemerintah. Jadi tidak akan ada manipulasi saham dan lain sebagainya.

3. Bisa Menghasilkan Passive Income

Passive income sendiri yaitu pendapatan yang didapat tanpa melakukan aktivitas berarti. Jadi pendapatan Anda tetap masuk meskipun Anda tidak sedang bekerja sekalipun.

Investasi membantu Anda meraih kebebasan finansial. Khususnya bentuk investasi jangka panjang.

4. Dilakukan Kapan Saja dan Dimana Saja

Berinvestasi jangka panjang dapat dilakukan dari jarak jauh sekalipun, jadi akan lebih mudah dan praktis.

Cara Berinvestasi Di Pasar Modal

Hal yang harus Anda perhatikan sebelum berinvestasi adalah Anda perlu mengetahui cara berinvestasi di pasar modal secara tepat dan aman. Berikut cara berinvestasi di pasar modal yang bikin cuan.

1. Pilih Instrumen Investasi yang Cocok dengan Profil Risiko

Ada banyak bentuk investasi yang ada di pasar modal, Anda dapat memilih yang sesuai dengan profil risiko. Berikut profil risiko dan bentuk investasi yang sesuai.

  • Investor Konservatif

Ini artinya Anda senang berinvestasi dengan risiko rendah dan keuntungannya tidak besar. Anda yang merupakan tipe profil ini akan cocok dengan reksadana pasar uang.

  • Investor Moderat

Ini artinya Anda ingin keuntungan yang sedang dan risiko yang sedang juga. Anda yang merupakan tipe profil ini akan cocok dengan reksadana pendapatan tetap, obligasi, dan reksadana campuran.

  • Investor Agresif

Ini artinya Anda senang meraih keuntungan yang besar dengan risiko yang cukup tinggi pula. Anda yang merupakan tipe profil ini akan cocok dengan saham.

Baca Juga :  Panduan Cara Menanam Saham Di BRI dengan Mudah

2. Pilih Platform Legal Untuk Investasi

Anda memerlukan platform yang legal sebagai perantara dalam menjalankan investasi di pasar modal. Platform investasi yang legal sudah diawasi negara sehingga terjamin keamanannya.

Platform investasi legal sekarang sudah banyak dan dapat diunduh secara gratis. Dengan platform ini, Anda bisa santai berinvestasi bahkan di rumah sekalipun.

3. Tentukan Modal Yang Sesuai Dengan Kemampuan

Usahakan jangan ikut-ikutan teman apalagi meminjam uang untuk modal investasi. Jangan terburu-buru saat mengalokasikan dana saham Anda.

Anda dapat mulai berinvestasi menggunakan modal yang kecil. Kemudian lakukan bertahap secara konsisten.

4. Selalu Pantau Perubahan Harga Efek

Harga efek yang ada di pasar modal itu bisa mengalami perubahan kapanpun. Perubahan harga efek itu bisa saja naik ataupun turun. Maka dari itu Anda harus terus memantaunya.

Apabila harga efek tak kunjung naik atau terus turun, Anda bisa segera menjualnya agar tak mengalami kerugian.

5. Investasi Secara Konsisten dan Dengan Bertahap

Seperti yang diulas sebelumnya bahwa tidak apa apa jika Anda memulai dari modal saham yang kecil asalkan Anda konsisten dan bertahap.

Contohnya Anda memulai berinvestasi dengan modal 1 juta rupiah. Kemudian membeli modal saham yang sama di bulan depan dan seterusnya. Nah setelah 10 tahun kedepan modal Anda akan menjadi sebesar 10 juta.

6. Lakukan Diversifikasi Investasi

Anda bisa membagi modal Anda ke beberapa bentuk investasi. Jadi besar kerugian yang diambil tidak akan terlalu besar. Dengan begitu portofolio investasi Anda akan seimbang.

Misalnya, investasi 1 untung, investasi 2 rugi, nah keuntungan dari investasi 1 inilah yang akan mampu menutupi kerugian investasi 2.

Diversifikasi biasanya dilakukan pada bentuk reksadana campuran. Yakni modal yang Anda setorkan akan ditransfer ke beberapa efek yang berbeda seperti obligasi, saham, serta pasar uang.

7. Perluas Ilmu Tentang Investasi Saham

Dunia pasar modal itu luas sekali dan Anda bisa mempelajarinya supaya dapat menemukan langkah yang baru untuk berinvestasi. Saat belajar investasi, Anda tidak hanya mendapat ilmu terkait investasi, ada juga pelajaran berharga yang dapat diambil.

Nah itu dia penjelasan terkait cara menabung saham di pasar modal. Pilihlah bentuk investasi terbaik dan platform investasi yang terjamin keamanan dan legalitasnya. Serta jangan lupa untuk terus ikuti berita terkini tentang pasar modal Indonesia.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?