Cara Memilih Baju Seragam Kerja dan Aksesorinya untuk ke Kantor

Dalam memilih baju seragam kerja, Anda tidak boleh sembarangan. Baju seragam kantor adalah salah satu baju kerja yang bisa menunjukkan siapa Anda dan apa kemampuan Anda. Jika Anda memilih baju kerja untuk ke kantor dengan sembarangan, maka atasan Anda bisa memberi kesimpulan negatif kepada Anda.

Lalu, bagaimana cara memilih baju seragam untuk ke kantor? Berikut tipsnya.

1. Pilih Seragam Kerja dengan Desain yang Sederhana

Seragam kerja untuk ke kantor akan membuat Anda menjadi pusat perhatian ketika di kantor. Maka, usahakan untuk memakai seragam kerja yang memiliki desain sederhana. Namun, jangan pula memilih pakaian seragam dengan desain yang terlalu polos, misalnya seragam kantor dengan warna polos tanpa aksen apa pun.

Jika Anda ingin memakai seragam kantor yang berwarna polos, sebaiknya Anda menambahkan dasi, atau aksesori lain yang bermotif sederhana.

2. Hindari Menggunakan Seragam dengan Motif Terlalu Ramai

Meski Anda tidak disarankan untuk menggunakan seragam kantor yang sangat polos, Anda pun juga tidak disarankan untuk menggunakan seragam kantor yang memiliki motif terlalu ramai. Motif seragam kantor yang terlalu ramai bisa membuat Anda menjadi pusat perhatian di kantor.

Menjadi pusat perhatian di kantor dengan seragam kerja Anda kurang baik untuk profesionalitas kerja yang Anda miliki. Sebaiknya, bangun citra diri yang profesional dengan mengenakan baju yang sedap dipandang dan memberikan kesan berwibawa.

3. Hindari Menggunakan Aksesori yang Berlebihan

Untuk wanita, aksesori yang kerap dipakai memang banyak ragamnya, mulai dari ikat pinggang, anting, gelang, dan cincin. Namun, jangan sampai aksesori tersebut justru mengganggu fungsi seragam kantor Anda. Misalnya ketika Anda mengenakan anting dan gelang yang terlalu besar ukurannya.

Bukannya memberikan kesan positif, hal tersebut malah akan mengganggu gerak Anda ketika bekerja. Dengan kata lain, aksesori yang Anda pakai mengganggu fungsi seragam kerja dan kinerja Anda.

Jika memang Anda ingin mengenakan aksesori tambahan untuk mempermanis penampilan, maka pilihlah aksesori yang memiliki warna senada dengan baju seragam Anda. Anda juga bisa memilih aksesori dengan ukuran kecil hingga medium. Jangan pula memakai aksesori yang terlalu banyak ketika ke kantor.

4. Untuk Wanita yang Mengenakan Jilbab, Padukan Warna Jilbab dengan Warna Baju Seragam Kerja agar Sesuai

Khusus untuk wanita yang mengenakan jilbab, Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih jilbab untuk kerja. Pilihlah jilbab yang berwarna kalem. Selain itu, pilih juga yang warnanya senada dengan seragam kerja atau sepatu Anda. Sebaiknya, pilih jilbab yang polos atau tidak mengandung kilau.

Jilbab yang berkilau atau berglitter kurang pas jika dikenakan untuk kerja. Jilbab semacam ini biasanya digunakan untuk acara khusus, misalnya wisuda, lamaran, pernikahan, dan reuni keluarga. Pemilihan bahan jilbab juga wajib Anda perhatikan. Akan lebih baik jika Anda mengenakan jilbab yang mudah menyerap keringat dan mudah diatur.

Jangan sampai kinerja Anda turun hanya karena Anda terlalu sering membenahi bentuk jilbab Anda yang tak karuan. Jangan sampai pula Anda tidak fokus ketika bekerja di kantor karena Anda merasa gerah di kepala.

Setelah mengetahui tips tersebut, apakah Anda sudah memiliki baju dan aksesori untuk dipadupadankan? Daripada membeli seragam yang sudah jadi, biasanya perusahaan akan memilih untuk membuat baju seragam kerja di jasa konveksi yang tepercaya. Untuk Anda yang berada di wilayah Tangerang, buat saja baju kerja Anda ke jasa konveksi terbaik di Tangerang ini.