Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

admin

Saat sedang asyik internetan, terkadang kita terganggu dengan adanya permasalahan pada SIM yang tiba-tiba tidak ada layanan. Hal inilah yang menjadikan permasalahan tersendiri bagi kita, apalagi jika tidak tahu cara mengatasinya. Oleh karena itu, di kesempatan ini kami akan mencoba mengulas terkait cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan yang bisa kalian praktekan di berbagai provider.

Umumnya, kartu SIM yang tidak ada layanan sama sekali dengan notifikati berupa “SIM Card Not Inserted”, “Undetected SIM” atau “Service Not Available” terjadi karena kendala pada sinyal atau pada kartu SIM itu sendiri. Namun hal itu  bisa diperbaiki dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Ada beberapa hal yang  menyebabkan kartu SIM tidak muncul layanan atau service saat sedang digunakan, berikut diantaranya:

  • Sinyal/jaringan yang sedang bermasalah di lokasi kalian
  • Kartu SIM yang mengalami kerusakan pada kuningannya
  • Kerusakan komponen pada HP, contohnya pada IC Signal
  • Terjadi bug pada software HP yang kalian gunakan
  • HP yang digunakan tidak resmi, ilegal atau hasil penyelundupan

Dari beberapa hal di atas, kemungkinan yang paling sering terjadi yaitu karena kendala sinyal yang berada di lokasi kalian atau terjadi karena HP yang kalian gunakan tidak resmi.

Seperti yang kita tahu, saat ini pemerintah memberlakukan aturan TKDN yang mana untuk semua HP ilegal yang tidak terdaftar di Kominfo maka akan diblokir fungsi terhadap jaringan selulernya.

Baca Juga :  Tipe dan Harga Laptop Asus RAM 8GB Terbaru 2024

Oleh karena itu, pastikan HP yang kalian gunakan tersebut merupakan HP resmi. Selain itu, terkadang kendala juga terjadi pada bug software pada HP kalian baik dari pihak developer maupun karena kalian mengopreknya.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Nah, berikut ini langkah-langkah yang dapat kalian coba untuk mengatasi kartu SIM tidak ada layanan dan tidak dapat tersambung ke jaringan internet:

1. Restart HP dan Lepas Pasang Kartu SIM

Pertama, kalian dapat melakukan restarting pada HP kalian masing-masing. fungsinya untuk memperbarui software serta menghapus cache karena mungkin saja ada aplikasi yang bermasalah sehingga menyebabkan no service.

Walau terlihat sepele, namun metode ini cukup efektif dalam kebanyakan kasus. Namun, jika sudah kalian restart namun tidak ada perubahan sama sekali, maka cobalah untuk melepas kartu SIM kalian lalu memasangnya lagi. Usahakan untuk memasang di tray SIM yang berbeda, jika sebelumnya di SIM 2, coba pasang di SIM 1.

Atau, kalian juga bisa mencoba menggunakan kartu SIM dari provider lain untuk mengetahui apakah penyebabnya karena kendala jaringan atau memang karena kendala lainnya. Berikut langkah-langkah yang dapat kalian coba:

  1. Cobalah untuk mematikan lalu menyalakan mode pesawat terlebih dahulu
  2. Jika masih error, maka restart HP kalian untuk membersihkan cache di dalamnya
  3. Setelah restart, cobalah untuk lepas pasang kartu SIM kalain masing-masing
  4. Bila terus saja error, maka coba pasang kartu SIM dari provider lainnya

2. Bersihkan Konektor Kartu SIM

Pertama, kalian perlu melihat dulu apakah kartu SIM kalian rusak secara fisik atau tidak. Umumnya, kartu yang sudah sobek, terkelupas, atau terlipat, maka HP akan mengalami kendala dalam membaca data yang ada di dalamnya sehingga akan menghasilkan tampilan “No Service”.

Baca Juga :  Download Aplikasi Nekopoi Terbaru Versi v2.5.2.1 Lengkap

Bila memang tidak ada kerusakan sama sekali, cobalah untuk membersihkan konektor penyimpanan kartu SIM. Jika konektor tertutup debu, lumpur, atau terkena air maka akan mengakibatkan SIM tidak dapat terbaca.

  1. Bila sudah menggunakan metode pertama tapi masih eror, cobalah cek kartu SIMnya
  2. Jika secara fisik rusak, maka perlu diganti namun jika tidak maka perlu dibersihkan konektornya
  3. Cobalah untuk mengelapnya dengan tisu halus yang diberi sedikit minyak kayu putih
  4. Usahakan jangan menggunakan air karena dapat mengakibatkan komponen berkarat
  5. Pasang kembali SIM lalu coba apakah sudah normal kembali atau belum

3. Hubungi Customer Service Kartu SIM

Kedua langkah di atas memang cukup efektif dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Namun, jika masih mengalami kendala maka kalian bisa mencoba menghubungi customer service dari kartu SIM kalian masing-masing.

Atau kalian bisa langsung membawa ke kantor cabang provider SIM yang kalian gunakan, mereka akan melakukan penggantian secara gratis bila memang terjadi kerusakan pada SIM.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan, semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?