Cara Mengecek Spesifikasi Laptop Windows 10 Dengan Mudah

admin

Cara mengecek spesifikasi laptop – Setiap laptop Windows 10 memiliki spesifikasi yang berbeda. Rincian spesifikasi akan mempengaruhi kinerja laptop hingga fungsional yang dibutuhkan. Bahkan, instalasi dari aplikasi di laptop juga akan dipengaruhi spesifikasi. Hal ini yang membuat user harus melakukan cara mengecek spesifikasi laptop windows 10 secara lengkap. Metode yang dilakukan juga sangat mudah dan sederhana. Hal ini akan membantu dalam penggunaan untuk berbagai aplikasi penting.

3 Cara Mengecek Spesifikasi Laptop

Terdapat beberapa pilihan cara yang bisa digunakan user untuk menerapkan cara mengecek spesifikasi laptop windows 10. Setiap cara yang dilakukan juga sangat aman. Selain itu, user juga bisa menerapkan cara ini untuk seluruh brand laptop. Semakin banyak rincian informasi spesifikasi yang didapatkan maka akan semakin mudah untuk melakukan optimasi fungsi pada laptop. Berikut ini 3 cara mengecek spesifikasi laptop windows 10 yang bisa dicoba seperti:

1. Melalui System Information

Metode yang paling mudah untuk pengecekan spesifikasi adalah dengan mengakses fitur system information. User dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengecek spesifikasi laptop Windows 10 melalui System Information:

Klik tombol “Start” di pojok kiri bawah layar.

Ketik “System Information” di kotak pencarian dan klik ikon aplikasi “System Information” yang muncul di hasil pencarian.

Di jendela “System Information”, user dapat melihat informasi spesifikasi laptop, seperti jenis processor, RAM, tipe sistem operasi, dan tipe sistem operasi 64-bit atau 32-bit.

User juga dapat melihat informasi tentang driver dan perangkat lain di laptop pada bagian “Components” di panel kiri.

Baca Juga :  Cara Mengatasi WiFi Selalu Disconnecting di Windows 10

User telah berhasil mengecek spesifikasi laptop Windows 10 melalui System Information.

2. Dari Fitur Setting

Metode lain yang digunakan untuk cek informasi spesifikasi perangkat dengan fitur setting atau pengaturan. User dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengecek spesifikasi laptop Windows 10 dari fitur Setting:

Klik tombol “Start” di pojok kiri bawah layar.

Klik ikon “Gear” (Settings) untuk membuka aplikasi “Settings”.

Pada aplikasi “Settings”, klik “System” untuk membuka menu sistem.

Pada menu “System”, klik “About” di bagian kiri.

Di halaman “About”, user dapat melihat informasi spesifikasi laptop, seperti jenis processor, RAM, tipe sistem operasi, dan tipe sistem operasi 64-bit atau 32-bit.

User telah berhasil mengecek spesifikasi laptop Windows 10 dari fitur Setting.

3. Menggunakan Fitur Command Prompt

Ini merupakan cara yang sebenarnya dianggap lebih mudah dan aman. Apalagi user akan menggunakan fitur command prompt untuk melakukan pengecekan spesifikasi laptop. Namun, cobalah untuk memperhatikan kondisi baterai pada saat melakukan pengecekan. User dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengecek spesifikasi laptop Windows 10 menggunakan fitur Command Prompt:

Klik tombol “Start” di pojok kiri bawah layar.

Ketik “cmd” di kotak pencarian.

Klik kanan pada “Command Prompt” yang muncul di hasil pencarian, lalu pilih “Run as Administrator”.

Ketik “systeminfo” pada jendela Command Prompt dan tekan Enter.

Tunggu beberapa saat, sistem akan menampilkan informasi lengkap tentang spesifikasi laptop Windows 10, termasuk jenis processor, RAM, tipe sistem operasi, dan tipe sistem operasi 64-bit atau 32-bit.

Jika user ingin melihat informasi spesifik seperti kapasitas hard drive, ketik “wmic diskdrive get name, size” pada jendela Command Prompt dan tekan Enter.

Metode ini sangat aman digunakan untuk berbagai pilihan laptop.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?