Tak Perlu Panik, Ini Cara Mengetahui WA disadap

admin

KBRI- Cara mengetahui WA disadap merupakan salah-satu hal penting yang sebenarnya harus diketahui oleh setiap orang. Pasalnya semakin tingginya kebutuhan seseorang terhadap suatu media sosial seperti WA. Maka, berbanding lurus dengan resiko dari maraknya kejahatan digital yang sesuai.

Oleh karena itu, sebagai antisipasi dan perlindungan awal dari tindakan tersebut, sudah sepantasnya setiap orang mengetahui tanda-tanda WA nya disadap. Penyadapan ini tentunya bisa sangat merugikan pengguna, bahkan lebih bahayanya lagi jika data penting yang ada di dalam WA disalahgunakan. Meski pada dasarnya setiap pesan di WA telah terenkripsi, tetapi tetap saja tidak mengurangi risiko penyadapannya.

Cara Mengetahui WA disadap

Adapun tanda-tanda akun WA disadap yang dapat kamu waspadai antara lain ; mendapat kiriman kode OTP lewat SMS maupun telepon, pesan telah dibaca, dan keluar akun secara tiba-tiba. Selain itu, kamu juga bisa langsung mengeceknya melalui cara mengetahui WA disadap berikut ini yang telah dilansir dari beberapa sumber.

1. WhatsApp Web

Cara mengetahui WA disadap yang dapat kamu ketahui pertama melalui WhatsApp web. Kamu bisa mengetahui akun WA disadap atau tidaknya dengan masuk ke perangkat WhatsApp Web lalu periksa semua sesi yang terbuka. Melalui sesi tersebut kamu untuk mengetahui semua perangkat yang terhubung dengan akun.

Apabila kamu melihat pesan bertuliskan ponsel ini tidak dapat diverifikasi, maka artinya akun WhatsApp sudah pasti pernah diakses oleh perangkat yang tidak dikenal. Nah, untuk melakukan pengecekannya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, login ke aplikasi WhatsApp yang sudah terinstal di ponsel lalu klik lambang titik tiga di sudut kanan atas.

Baca Juga :  Kuota Aplikasi Edukasi Tri, Manfaat dan Cara Daftarnya

Kemudian klik “perangkat tertaut” dan perhatikan monitor layar yang menampilkan beberapa perangkat. Pastikan kamu mengingat atau mengenal perangkat apa saja yang pernah melakukan akses terhadap akun WhatsApp.

2. Aktivitas WhatsApp

Cara selanjutnya yang dapat kamu waspadai untuk mengetahui apakah akun WA disadap atau tidak, adalah dengan mengecek aktivitas WhatsAppnya. Caranya, pertama-tama lihatlah daftar pesan yang ada di dalam akun WAmu lalu tinjau daftaran tersebut. Apakah kamu menemukan pesan yang tidak pernah dikirim sebelumnya atau justru sudah dibaca padahal belum.

Kemudian lihat juga log aktivitas telepon dan lainnya yang dapat kamu waspadai. Mulai dari akses pengaturan pesan hingga last seen history WhatsApp dan lainnya. Kamu harus mengecek secara berkala dan mendetail tentang keseluruhan aktivitas dari akun WhatsApp sendiri.

3. Cara mengetahui WA disadap: Informasi Akun

Informasi akun WhatsApp termasuk indikasi yang dapat kamu coba dalam menerapkan cara mengetahui akun disadap atau tidaknya. Hal ini karena, biasanya para hacker akan mulai mengubah informasi dari akun bajakannya tersebut.

Kamu dapat mengeceknya melalui tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Settings dan profil. Profil pada bagian atas menu ini bisa kamu klik jika ingin meninjau informasi sebagian akun. Perhatikan informasi tersebut apakah apa yang berubah atau tidak. Apabila kamu menemukan perbedaan maka segeralah mengamankan akun ku untuk mencegah penyadapan berlanjut.

4. Pesan dari WhatsApp

Pesan WhatsApp yang tiba-tiba terbaca dan terkirim tanpa sepengetahuanmu, atau adanya perubahan dan akses akun termasuk faktor tandanya akunmu disadap. Sehingga cara untuk mengetahui apakah WA disadap atau tidak selanjutnya bisa melalui aktivasi pesan dari akun WhatsApp sendiri.

Baca Juga :  Cara Download WhatsApp Mod Apk Terbaru 2024

5. Daftar Kontak dan Sesi di WhatsApp

Sebagai pengguna WhatsApp, kamu biasanya pasti akan mengetahui kontak siapa saja yang tersimpan di akunnya. Nah, apabila menemukan salah-satu kontak yang cukup asing maka perlu kamu perhatikan. Pasalnya kontak tersebut kemungkinan bisa menjadi faktor penilaian WA disadap. Apalagi jika menemukan perangkat atau device tidak dikenali pada bagian sesi terakhir.

6. Cara mengetahui WA disadap: Aplikasi Anti-Malware

Cara untuk mengetahui WA disadap atau tidaknya yang keenam dalam pembahasan kali ini adalah melalui aplikasi anti-malware. Berdasarkan kutipan It Gierld yang menyatakan bahwa seseorang dapat melakukan penyadapan dengan memasang trojan atau malware.

Dimana malware ini bisa menginfeksi ponsel dan peretas dapat melancarkan aksi mencuri datanya seperti pesan, foto, hingga mengendalikan akses pesan WA pengguna. Sehingga sebagai pengguna, kamu bisa mengatasinya dengan menginstal aplikasi anti-malware untuk mendeteksi dan menghapus malware yang terindikasi. Namun, perlu kamu perhatikan untuk menghindari pengunduhan aplikasi dari pihak ketiga.

7. Melalui Ketahanan WhatsApp

WhatsApp yang sering mengalami ngelag dan lemot saat digunakan bisa menjadi tanda-tanda adanya faktor penyadapan terhadap akun tersebut. Hal ini karena, biasanya peretas juga melakukan penyadapan sambil memonitor seluruh aktivasi akun WhatsAppnya.

Sehingga aplikasi tersebut secara bersamaan akan terbebani yang bisa menyebabkan performa ponsel pengguna menurun. Jadi, dengan memperhatikan “perilaku” atau “ketahanan” sifat dari aplikasi WhatsApp itu sendiri bisa menjadi alternatif lain dalam mengetahui penyadapan.

Dengan demikian, itulah uraian dari ketujuh cara mengetahui WA disadap atau tidaknya yang dapat kamu waspadai. Mulai dari mengecek dengan WhatsApp Web hingga ketahanan dari daya terhadap aplikasinya sendiri. Kamu perlu memperhatikan hal tersebut, apalagi jika aktifitasmu merasa terbantu karena adanya informasi melalui WhatsApp. Pastikan untuk selalu mengamankan akun WhatsApp!

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?