Cara Menghubungkan HP Android ke Laptop Terbaru

admin

Cara menghubungkan hp android ke laptop – Saat ini banyak pengguna laptop windows 10 yang juga memiliki perangkat android. Hal ini juga yang menjadikan perangkat android sebagai media penyimpanan hingga pendukung untuk berbagai aktifitas. Kondisi ini membuat user sangat membutuhkan metode ideal untuk menghubungkan hp android dengan laptop windows. Cara menghubungkan hp android ke laptop windows 10 juga dianggap sangat mudah dan aman.

Menghubungkan HP Android ke Laptop Windows 10

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan untuk menghubungkan hp android ke laptop windows. Metode ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan user. Berikut ini 3 cara menghubungkan hp android ke laptop windows 10 seperti:

1. Menggunakan Kabel USB

Untuk menghubungkan HP Android ke laptop Windows 10 menggunakan kabel USB, ikuti langkah-langkah berikut:

Pastikan HP Android Anda dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.

Sambungkan kabel USB dari HP Android ke port USB yang tersedia di laptop Windows 10.

Setelah kabel terhubung, HP Android akan menampilkan pilihan koneksi USB di layar. Pilih “Transfer file (MTP)” atau “Transfer foto (PTP)” sesuai kebutuhan. Jika tidak ada pilihan, layar HP Android mungkin hanya menampilkan status pengisian baterai.

Buka File Explorer di laptop Windows 10 dan cari perangkat HP Android di bagian “This PC” atau “Devices and Drives”.

Klik dua kali pada perangkat HP Android untuk membuka file dan folder di dalamnya.

User sekarang dapat mengakses file dan folder di HP Android dan dapat menyalin atau memindahkan file antara perangkat tersebut.

Baca Juga :  Cara Membuka Brankas Pribadi di HP Oppo, Termasuk Jika Lupa Password

Pastikan kabel USB yang user gunakan dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jika mengalami kesulitan, user dapat mencoba menggunakan kabel USB yang berbeda.

2. Menggunakan Fitur Bluetooth

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungkan HP Android ke laptop Windows 10 menggunakan fitur Bluetooth:

Pastikan Bluetooth sudah aktif di HP Android. User dapat memeriksa di pengaturan Bluetooth dan pastikan fitur Bluetooth diaktifkan.

Pastikan juga Bluetooth sudah aktif di laptop Windows 10. Pergi ke “Settings” (pengaturan) > “Devices” (perangkat) > “Bluetooth & other devices” (Bluetooth dan perangkat lain) dan aktifkan Bluetooth.

Kembali ke HP Android dan pergi ke pengaturan Bluetooth. Pilih “Pair new device” (pasangkan perangkat baru).

HP Android akan mulai mencari perangkat Bluetooth yang tersedia. Pilih nama laptop Windows 10 dari daftar perangkat yang ditemukan.

Setelah dipilih, HP Android akan meminta kode pasangan. Kode ini akan muncul di layar laptop Windows 10 . Masukkan kode tersebut ke HP Android untuk menyelesaikan proses pasangan.

Setelah selesai, user sekarang dapat mengirim dan menerima file antara HP Android dan laptop Windows 10 menggunakan fitur Bluetooth. Pastikan Bluetooth sudah diaktifkan dan dapat diakses oleh perangkat yang ingin user hubungkan.

3. Dengan Jaringan Wifi

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungkan HP Android ke laptop Windows 10 melalui jaringan Wi-Fi:

Pastikan laptop Windows 10 terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama seperti yang ingin user gunakan untuk menghubungkan HP Android.

Pada HP Android, masuk ke pengaturan Wi-Fi dan cari jaringan Wi-Fi yang sama. Ketuk jaringan untuk terhubung.

Masukkan kata sandi Wi-Fi jika diminta. Pastikan user memasukkan kata sandi yang benar untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Baca Juga :  Begini Cara Menjalankan Hotspot Wi-Fi dari Laptop Windows

Setelah terhubung, buka aplikasi “File Manager” atau “File Explorer” di laptop Windows 10.

Pada sisi kiri jendela File Explorer, klik “Network” (jaringan) untuk menampilkan perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Pilih HP Android dari daftar perangkat yang terhubung. User mungkin perlu menunggu beberapa saat hingga HP Android user di daftar.

Setelah terhubung, Anda sekarang dapat mengakses file dan folder di HP Android dan dapat menyalin atau memindahkan file antara perangkat tersebut.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?