Contoh Desain Baju Tambang Yang Sesuai dengan Standar Keselamatan Kerja

Dalam industri pertambangan, keselamatan harus menjadi prioritas. Risiko kecelakaan cukup besar menghantui keselamatan pekerja. Salah satu faktor pendukung yang harus Anda perhatikan dalam keselamatan kerja di pertambangan adalah seragam kerja. Seragam untuk pertambangan perlu didesain dengan kualitas yang baik. Tidak bisa sembarangan dalam membuat desain baju tambang. Anda perlu memerhatikan warna, jenis kain, bahkan perlengkapan yang terpasang pada seragam. Oleh karena itu, Anda harus cermat agar tidak salah dalam penentuan desainnya.

Ada berbagai kriteria dalam desain seragam kerja yang perlu Anda teliti. Ini ulasannya.

1. Tentukan Desainnya

Anda bisa memulainya dari menentukan modelnya. Terdapat beberapa pilihan model seragam tambang, misalnya kemeja, rompi, dan jaket. Untuk kemeja, sebaiknya Anda memilih kemeja berlengan panjang dibanding kemeja berlengan pendek. Selain dapat melindungi tangan dari suhu udara tertentu, lengan panjang bisa menjadi penghalang jika ada benda berbahaya sehingga tidak langsung mengenai kulit tangan.

Bagaimana dengan rompi? Pada umumnya, rompi untuk keselamatan memiliki banyak saku dan disertai pita reflektif. Saku sangat berguna untuk mengantungi barang-barang yang ukurannya tidak terlalu besar. Anda bisa membuat beberapa buah saku dalam desain Anda.

Desain baju tambang juga akan terasa kurang tanpa pita reflektif. Pita ini biasanya berwarna keperakan. Warna tersebut dapat memantulkan cahaya sehingga orang yang menggunakannya dapat terlihat jelas ketika disinari alat penerangan. Selain itu, orang lain bisa melihat dari kejauhan jika ada pekerja di area pertambangan.

2. Perhatikan Bab Cuaca dan Suhu

Cuaca dan suhu udara terkadang tak dapat diprediksi. Tak bisa diragukan bahwa jaket juga harus menjadi salah satu jenis pakaian yang bisa Anda masukkan dalam daftar desain seragam pertambangan. Desain jaket yang pas untuk pertambangan yaitu dilengkapi tudung kepala. Dalam cuaca berangin, hujan, ataupun panas terik, tudung dapat melindungi kepala sehingga tidak terpapar langsung oleh cuaca-cuaca tersebut.

3. Perhatikan Pemilihan Warna

Dalam kegiatan pertambangan, mesin dan kendaraan berat bukanlah hal yang asing. Pengemudi harus sangat berhati-hati dalam memerhatikan keadaan sekitar. Jika tidak, kecelakaan bisa saja terjadi. Anda perlu mengetahui bahwa hal tersebut berhubungan dengan pemilihan warna seragam tambang. Kesalahan dalam penentuan warna seragam bisa berakibat fatal.

Maka dari itu, pemilihan warna seragam juga tak bisa luput dari desain Anda. Untuk pilihan warna, sebaiknya Anda gunakan warna-warna kontras seperti hijau, kuning, ataupun jingga. Hal ini bukan tanpa alasan karena warna-warna kontras dapat membantu pegawai pertambangan agar mudah telihat saat kondisi gelap.

Baca juga : Jenis Seragam Kerja Lapangan

Selain itu, pekerja yang membawa kendaraan berat dapat dengan mudah mengenali pekerja lain yang mengenakan seragam tambang dengan warna kontras. Sangat berguna agar mengurangi risiko kecelakaan kerja dan menjamin keselamatan para pekerja.

4. Perhatikan Jenis Kain Bahan

Pekerjaan di pertambangan membutuhkan kinerja dan tenaga yang besar. Pekerja harus dapat bergerak leluasa agar tidak menghambat kegiatan mereka. Hal ini berhubungan pula dengan jenis kain yang perlu Anda teliti dalam desain baju tambang. Jenis kain yang tepat untuk seragam tambang memiliki ciri-ciri yaitu nyaman dikenakan, leluasa ketika dipakai bergerak, serta mudah menyerap keringat.

Pakaian yang tidak nyaman membuat pekerja merasa risih saat melakukan tugasnya. Apalagi jika seragam tersebut tidak terasa leluasa saat dikenakan. Ini dapat menghambat ritme kegiatan pertambangan. Kemudian, pakaian haruslah menyerap keringat agar pekerja tidak merasakan kegerahan yang berlebihan.

Setelah Anda yakin dalam menentukan desain yang tepat, saatnya Anda menentukan tempat untuk memesan seragam. Pilihlah konveksi seragam yang berkualitas sehingga Anda tidak akan kecewa. CV. Surewi Seragam bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan hasil yang berkualitas.

Untuk informasi dan pemesanan seragam kerja tambang bisa menghubungi :

CV. SUREWI WARDROBE
Jl. Tanah Seratus No.15 RT.05/RW.11
Kelurahan Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug.
Tangerang 15151

Telp : 021-7333240 / 0882.1283.4598
SMS / WA : 0878-0800-8637