Deposito 10 Juta Dapat Bunga Berapa? Lihat Di Sini!

admin

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa investasi harus dimulai dengan angka yang besar. Misalnya Rp100 juta atau sampai Rp1 milyar. Padahal, ada investasi yang bisa dimulai dengan angka puluhan juta saja yaitu deposito. Deposito adalah produk tabungan dengan bunga tinggi sehingga menawarkan keuntungan tinggi. Selain bunganya yang tinggi, deposito juga menawarkan nominal penempatan yang ringan. Bahkan, Anda bisa mulai berinvestasi dengan Rp10 juta saja. Lantas, deposito 10 juta dapat bunga berapa? Simak di sini!

Rumus untuk Menghitung Bunga Deposito 10 Juta

Sebelum memutuskan untuk mengajukan penempatan deposito, Anda bisa menghitung bunganya terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih membuka rekening deposito di bank mana. Langsung saja, berikut ini adalah rumus untuk menghitung bunga deposito:

1. Berdasarkan Pendapatan Jumlah Jatuh Tempo

Cara pertama biasanya yaitu menghitung bunga deposito berdasarkan pendapatan jumlah jatuh tempo. Pada cara ini, ada beberapa rumus yang bisa Anda pakai yaitu sebagai berikut:

Bunga deposito = Setoran + (keuntungan dari bunga – pajak deposito)

Anda bisa menghitung keuntungan dari bunga yang belum dikurangi oleh pajak dengan cara berikut ini:

Total bunga = (Setoran x suku bunga x 80% x 30 hari) : 365 hari

Bank Indonesia menerapkan besar pajak yang sama pada setiap bank yaitu 20%. Adapun cara menghitung jumlah pajaknya yaitu:

Jumlah pajak deposito = Profit bunga deposito x tarif pajak

2. Menghitung Bunga Deposito Bulanan

Biasanya, Anda harus menghitung bunga deposito per bulan. Lalu tinggal mengalikan tenor untuk mendapatkan bunga total yang sudah dikurangi oleh pajak. Berikut ini merupakan rumus untuk menghitung bunga deposito bulanan:

Baca Juga :  Begini Cara Beli Saham GoTo dengan Modal Kecil

Total bunga per bulan = (Setoran x suku bunga x 80% x 30 hari) : 365 hari

Untuk besar bunga totalnya tinggal Anda kalikan dengan jumlah tenornya. Jika tenornya selama 12 bulan, maka bunga per bulan tinggal dikalikan sebanyak 12 kali. Itulah hasilnya bunga yang akan Anda dapatkan. 

Deposito 10 Juta Dapat Bunga Berapa untuk Semua Bank

Sudah tahu rumusnya bukan? Sekarang, saatnya Anda menghitung sendiri bunga depositonya berdasarkan bank yang ada. Ada banyak sekali bank di Indonesia dengan angka bunga yang berbeda-beda. Berikut ini perhitungan untuk masing-masing bank dengan pilihan tenor 6 bulan:

1. Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan salah satu bank yang memperbolehkan nasabah membuka rekening deposito dengan angka Rp10 juta saja. Untuk penempatan di bawah Rp100 juta dengan tenor 6 bulan, besar bunga yang diberikan yaitu 3,75%. Jadi, Anda bisa menghitungnya dengan rumus berikut ini:

Bunga deposito per bulan = (Rp10 juta x 2,75% x 80% x 30) : 365 = Rp18.082,00. Jadi, untuk tenor 6 bulan Anda bisa mendapatkan bunga sebesar Rp18.082,00 x 6 bulan = Rp108.493,00.

2. Bank BCA

BCA atau Bank Central Asia merupakan bank swasta paling populer di Indonesia. Pilih tenor untuk deposito di BCA cukup beragam dengan besaran bunga yang berbeda-beda. Untuk penempatan di bawah Rp2 milyar dengan tenor 6 bulan, Anda bisa mendapatkan bunga sebesar 2,50%. Lalu, perhitungannya yaitu sebagai berikut:

Bunga deposito per bulan = (Rp10 juta x 2,50% x 80% x 30) : 365 = Rp16.438,00. Jadi, untuk tenor 6 bulan Anda bisa mendapatkan bunga sebesar Rp16.438,00 x 6 bulan = Rp98.630,00.

3. Bank BNI

Sementara pada bank BNI (Bank Negara Indonesia), besar bunga deposito untuk penempatan Rp10 juta dengan tenor 6 bulan sama seperti BRI. Besar bunganya yaitu 2,75%. Jadi total bunga yang akan Anda dapatkan untuk penempatan 6 bulan sama seperti BRI. Pilih saja bank yang sesuai dengan bank dari tabungan Anda. 

4. Bank Mandiri

Sama seperti BNI dan BRI, bank Mandiri juga termasuk bank BUMN. Besar bunga untuk penempatan selama 6 bulan terbilang cukup tinggi yaitu 2,50%. Angka ini sama dengan seperti bank BCA yang juga sama-sama 2,50%. Jadi, pendapatan bunga deposito Rp10 juta dengan tenor 6 bulan hampir sama yaitu Rp98.630,00. 

Baca Juga :  Mengenal Spinning Top Pattern pada Trading Forex untuk Keputusan yang Lebih Tepat

5. Bank BTN

Bank Tabungan Negara atau BTN memperbolehkan nasabah untuk mengajukan deposito dengan penempatan awal Rp10 juta. Bahkan, Anda juga bisa melakukan penempatan dengan angka di bawah Rp1 juta. Sangat menguntungkan untuk Anda yang memiliki modal kecil. 

Besar bunga deposito untuk penempatan 6 bulan mencapai angka 3,00%. Adapun cara menghitungnya yaitu:

Bunga deposito per bulan = (Rp10 juta x 3,00% x 80% x 30) : 365 = Rp19.726,00. Jadi, untuk tenor 6 bulan Anda bisa mendapatkan bunga sebesar Rp19.726,00 x 6 bulan = Rp118.356,00

6. Bank CIMB Niaga

Banyak orang tertarik membuka deposito di bank CIMB Niaga karena menawarkan bunga yang tinggi. Bahkan, bank satu ini menawarkan bunga paling tinggi untuk penempatan 6 bulan yaitu sebesar 3,60%. Adapun perhitungan pendapatan bunga Anda di deposito CIMB Niaga yaitu:

Bunga deposito per bulan = (Rp10 juta x 3,60% x 80% x 30) : 365 = Rp23.671,00. Jadi, untuk tenor 6 bulan Anda bisa mendapatkan bunga sebesar Rp23.671,00 x 6 bulan = Rp142.027,00

Sudah Tahu Deposito 10 Juta Dapat Bunga Berapa?

Itulah informasi mengenai deposito 10 juta dapat bunga berapa. Untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi, Anda bisa meningkatkan tenor menjadi lebih panjang. Pasalnya semakin panjang tenornya, maka semakin besar pula bunga yang bisa Anda dapatkan. 

Selain memilih tenor yang panjang, Anda juga bisa menambah investasi setiap bulannya. Jadi, meskipun pertama kali hanya Rp10 juta saja, Anda nanti bisa menambahnya seiring berjalannya waktu. Jadi, besar bunga yang didapatkan juga akan semakin besar.

Menghitung bunga deposito secara manual memang terbilang cukup mudah. Namun, terkadang memberikan hasil yang berbeda daripada perhitungan bank. Jadi, Anda tetap harus memastikan berapa besar bunga yang didapatkan di bank-nya langsung. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan kalkulator simulasi deposito. Di kalkulator berbasis online tersebut, Anda bisa menghitung bunga secara otomatis. Hanya saja, kebanyakan bank belum menerapkan bunga pada kalkulator simulasi yang ditawarkan. Kalkulator simulasi deposito ada di website resmi masing-masing bank. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?