Aplikasi Tekno

Donwload Aplikasi Catat Meter Terpusat, Begini Fungsi & Caranya

PLN (Perusahaan Listrik Negara) sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia tampaknya terus berinovasi demi meningkatkan mutu dan layanannya. Salah satunya yaitu dengan meluncurkan aplikasi catat meter terpusat.

Dengan adanya aplikasi ini, maka para petugas dapat dengan mudah melakukan pencatatan data meteran listrik secara langsung untuk di data langsung ke PLN pusat. Hal ini tentunya menjadikan operasional PLN jadi lebih cepat dan tidak memakan banyak biaya seperti sebelumnya.

Mengenal Apa itu Aplikasi Catat Meter Terpusat

Aplikasi Catat Meter Terpusat (ACMT) adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh PLN untuk memudahkan petugas pencatat data PLN pascabayar guna mempercepat serta mempermudah proses pencatatan data.

Salah satu alasan mengapa aplikasi ini diluncurkan yaitu karena birokrasi pencatatan data PLN sangat rumit. Apalagi, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan sebagian diantaranya berada di kawasan pedesaan.

Tentunya, hal ini menjadikan proses pendataan pihak pusat memerlukan waktu yang lama. Padahal, antara proses pencatatan hingga pengeluaran data tagihan PLN tidaklah lama melainkan hanya selang beberapa hari saja mengingat tanggal 1 setiap bulannya harus sudah selesai pendataannya.

Saat ini, ACMT tersedia di versi Android. Bagi para pengguna perangkat non Android tentunya saat ini masih belum bisa menggunakannya. Ke depannya, aplikasi ini tentunya akan disediakan beragam versi sehingga support di berbagai sistem operasi sekaligus.

Dengan adanya aplikasi ini, maka pihak pencatat PLN tidak perlu lagi melaporkan serta mendata ulang setiap hasil pencatatannya kepada kantor PLN pusat maupun cabang. Hal ini dikarenakan semua data terintegrasi langsung dalam database yang sama.

Di Indonesia, hampir semua petugas PLN sudah menerapkan ACMT ini. Kecuali, mereka yang berada di daerah terpencil dan masih sulit mengakses internet. Tentunya mereka harus mendata secara manual mengingat kondisi tempatnya yang tidak memungkinkan.

Baca Juga :  Ternyata Begini Cara Download Video YouTube ke Galeri 

Fungsi Aplikasi Catat Meter Terpusat

Selain berguna untuk memudahkan para petugas pencatat PLN, aplikasi ini pun memiliki serangkaian manfaat unggulan lainnya seperti halnya:

  • Menghitung total KWH pemakaian listrik dari pengguna serta merekapitulasikannya sesuai dengan kode pesan.
  • Dapat digunakan untuk scanning atau memindai QR Code masing-masing meteran sehingga dapat menampilkan info data pelanggan.
  • Melakukan pencatatan data meteran beserta rekapan pemakaian KWH dalam rentang waktu satu bulan terakhir.
  • Membaca rekapitulasi catatan data KWH listrik yang dihasilkan dari kegiatan mengontrol pencatatan data meteran.
  • Menampilkan tagihan rekening pengguna termasuk pengguna yang mengalami keterlambatan dalam pembayaran.
  • Menampilkan informasi terkait antrean emendari RBM atau emendari yang diajukan pengguna.
  • Menyimpan data-data hasil pencatatan serta data master pengawasan untuk keperluan baca meter yang dilakukan petugas PLN.
  • Mengoreksi atau memperbaiki kesalahan input data dari angka yang dicatat oleh petugas PLN sesuai dengan nilai yang sebenarnya.
  • Memuat data RBM beserta data koreksi RBM yang dihimpun dari semua pelanggan PLN dan juga urutan langkah-langkahnya.
  • Menerima stand dari angka meteran beserta rekapitulasi stand dari masing-masing pengguna.
  • Mencatat segala informasi pelanggan yang berkaitan dengan error, gangguan, serta kesalahan pada KWH mundur, KWH bebas, maupun KWH max.
  • Menyimpan data pembayaran tiap pengguna setiap bulannya, termasuk catatan utang yang belum dibayar selama 3 bulan terakhir.
  • Menampilkan data terkait penggunaan listrik yang tidak normal atau tidak wajar baik karena kesalahan pengguna atau bukan.

Download Aplikasi Catat Meter Terpusat

Bisa dibilang, ACMT ini merupakan aplikasi internal dari pihak PLN, bukan aplikasi untuk pengguna. Oleh karena itu, aplikasi ini tidak bisa ditemukan di Google Playstore sehingga kalian harus mendownloadnya via langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi browser favorit kalian masing-masing, kami sarankan gunakan Chrome
  2. Masukan alamat website berikut ini: http://portalapp.iconpln.co.id/acmt/
  3. Setelah website terload sempurna, silakan masukan username dan password
  4. Setelah itu klik tombol “Login” untuk mendownload ACMT 1.0.0
  5. Untuk data loginnya sendiri hanya bisa didapatkan oleh petugas PLN
  6. Jika sudah masuk halaman download, silakan klik tombol “Download”
  7. Apabila sudah terdownload, silakan klik file tersebut untuk proses instalasi
  8. Jika muncul notifikasi “Sumber Tidak Dikenal” silakan masuk ke aplikasi “Keamanan”
  9. Klik “Sumber Tidak Dikenal” lalu klik tombol “OK”
  10. Setelah itu, klik file yang telah di download sebelumnya
  11. Tunggu hingga proses instalasi berhasil
  12. Segera buka aplikasi tersebut lalu login dengan data kalian masing-masing
Baca Juga :  Harga Ganti Baterai iPhone Original Semua Tipe

Aplikasi ini tidak terlalu memakan banyak resource sehingga bisa didownload mulai dari smartphone Android versi 5.0 ke atas dengan RAM mulai dari 2 GB. Jadi, hampir semua HP terbaru saat ini pasti sudah mendukung aplikasi ini walaupun memiliki spek yang rendah.

Tanya Jawab Seputar Aplikasi Catat Meter Terpusat

Apabila terdapat beberapa kendala seputar pemasangan aplikasi satu ini, yuk cek dulu beberapa pertanyaan yang sering diajukan berikut ini:

(Q1) Apakah Aplikasi ACMT Tersedia Secara Gratis?

Jawab: Ya, aplikasi ini tersedia secara gratis namun tidak diperuntukkan bagi pengguna umum. Melainkan hanya untuk petugas internal PLN.

(Q2) Apakah Saya Bisa Mendownload via Playstore?

Jawab: Tidak! ACMT tidak dapat kalian download via Playstore karena tidak terlisting di dalam layanan tersebut.

(Q3) Mengapa Harus Login Sebelum Mendownloadnya?

Jawab: Ya, hal itu difungsikan agar hanya pengguna terverifikasi yang mendownload dan menggunakan layanan ini sehingga tidak disalahgunakan oleh pihak lain.

(Q4) Bagaimana Mengatasi Instalasi yang Gagal?

Jawab: Seringkali, kegagalan proses instalasi disebabkan karena keamanan dari “Sumber Tidak Dikenal” yang belum diizinkan. Jadi, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Nah, itu dia beberapa hal yang mesti kalian ketahui seputar aplikasi catat meter terpusat dari PLN. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Pesan Seragam Kerja ?