Download Aplikasi Dapodik 2024 Terbaru

admin

Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI saat ini menjadi aplikasi yang paling dibutuhkan bagi para guru dan sekolah di Indonesia. Setiap tahunnya, aplikasi ini terus diperbarui guna meningkatkan fitur dan performanya. Untuk saat ini, sudah tersedia aplikasi Dapodik 2024 yang bisa digunakan oleh semua sekolah-sekolah negeri.

Nah, buat kalian yang yang berencana untuk mendownload aplikasi Dapodik terbaru dan menggunakannya untuk keperluan pelaporan data sekolah, maka silakan simak rincian lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Aplikasi Dapodik?

Aplikasi Dapodik adalah suatu aplikasi berbasis Windows yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bertujuan untuk sarana pelaporan data pokok pendidikan secara mandiri melalui jaringan internet.

Dapodik (data pokok pendidikan) merupakan sistem pendataan terpadu yang berisikan semua catatan atas suatu sekolah atau kelembagaan seperti halnya kurikulum, data siswa, data pengajar, data karyawan, data sarana prasarana sekolah, hingga data transaksi keluar masuknya keuangan.

Dasar hukum dari Dapodik tercantum dalam Instruksi Menteri No 2 tahun 2011 terkait pengelolaan data pokok pendidikan serta Permendikbud No 79 tahun 2015 terkait data pokok pendidikan.

Pelaksanaan dapodik sendiri sudah diawali sejak tahun 2006. Awalnya, pengelolanya yakni PSP Balitbang Depdiknas, namun akhirnya pada tahun 2008 dialih tugaskan ke masing-masing dinas pendidikan dan sekolah-sekolah di bawah naungan pengawasan Biro PKLN Depdiknas.

Di tahun 2012, saat teknologi sudah berkembang akhirnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI membentuk aplikasi Dapodik yang dioperasikan secara digital dan online dan berlaku secara nasional. Sejak saat itu, aplikasi terus dikembangkan hingga kini.

Saat ini, aplikasi Dapodik dapat dioperasikan di sistem operasi Windows. Oleh karena itu, setiap sekolah disediakan laptop khusus yang dipakai untuk mengelola aplikasi ini.

Baca Juga :  Cara Investasi di OVO, Mudah dan Cocok Bagi Pemula

Pihak pengelola Dapodik sendiri yakni Ditjen Dikdasmen untuk jenjang sekolah tingkat SD, SMP, SMA/SMK, dan SLB. Dan dikelola oleh Ditjen Paud Dikmas untuk jenjang sekolah tingkat TK, Paud, dan Dikmas.

Fungsi dan Tujuan Aplikasi Dapodik

Tujuan utama dari Dapodik ialah sebagai sistem satu pintu yang terintegrasi secara langsung yang nantinya dapat menjadi referensi bagi semua pihak baik itu Kemendikbud maupun di luar Kemendikbud. Namun, selain itu juga memiliki serangkaian fungsi dan tujuan lain seperti halnya:

  • Mendata sarana dan prasarana yang terdapat dalam suatu sekolah
  • Merangkum semua objek data didata yang dilakukan secara individual.
  • Mencatat data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) serta peserta didik
  • Mendata seluruh proses pembelajaran dalam suatu rombol (rombongan belajar)
  • Mengukur ketercapaian standar SPM (Standar Pelayanan Minimal)
  • Mengukur ketercapaian standar SNP (Standar Nasional Pendidikan)
  • Sebagai rujukan data yang nantinya dapat diolah oleh masing-masing unit
  • Mendukung beragam jenis program yang terdapat di lingkungan Kemendikbud
  • Sarana pengukuran keberhasilan program dan kebijakan Kemendikbud

Proses Validasi Data Dapodik

Beberapa pihak masih meragukan validasi data dari Dapodik. Padahal, tingkat validasinya mencapai 99% karena dalam prosesnya dilakukan 4 validation layer yang meliputi:

  • Back End Validation: proses validasi yang mana saat data sudah diterima di server pusat, maka akan dilakukan proses scanning database secara terjadwal. Dengan begitu, dapat diketahui data yang invalid, valid, maupun eror. Jika ada data yang invalid, maka akan diinformasikan kembali ke pihak sekolah.
  • Front End Validation: salah satu proses validasi paling sederhana yang dilakukan oleh pihak sekolah. Jadi, bila terdapat data invalid, maka secara otomatis sistem/aplikasi akan mencegah pengiriman data tersebut hingga semuanya dinyatakan lengkap/valid. Setelah itu baru dapat dikirimkan ke server pusat.
  • Transaksional Validation: apabila suatu data yang telah diinput ke server pusat akan digunakan dan diolah untuk bahan kebijakan seperti penyaluran bantuan, maka akan dilakukan pemeriksaan dan validasi ulang. Misalnya tentang kelayakan guru untuk mendapatkan tunjangan apakah sudah sesuai secara waktu, linearitas, dan aturan ataukah belum.
  • Validasi Penerbitan No Administratif: merupakan pengecekan data untuk memastikan kelayakan serta keabsahan data yang nantinya digunakan untuk proses penerbitan nomor administratif seperti halnya nomor NPSN, NISN, dan NUPTK.
Baca Juga :  Aplikasi Penghasil Uang 2024, Dijamin 100% Membayar

Cara Download Aplikasi Dapodik 2024

Sejatinya, sistem terpadu Dapodik dapat diakses melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Akan tetapi, versi aplikasi menyediakan antarmuka yang lebih responsif dan sistem yang lebih cepat.

Untuk aplikasi Dapodik 2023 sendiri pun saat ini sudah ada di versi 2023.d dengan memiliki beberapa perubahan dan pembaruan sebagai berikut:

  • Penambahan informasi bagi yang bersedia menerima BOSP (Bantuan Operasional Satuan Pendidikan)
  • Penambahan referensi ruang pusat pendidikan inklusif serta sub ruang untuk prasarana kamar mandi/WC
  • Pembaruan berupa penambahan kolom bobot kerusakan bangunan dari manajemen SP
  • Perbaikan pada perubahan wilayah pemilihan desa/kelurahan
  • Perubahan bisnis proses penginputan untuk prasarana kamar mandi/WC
  • Perbaikan input P5 untuk kurikulum Merdeka
  • Perbaikan bugs pada pemilihan kurikulum di tingkat jenjang KB, SPS, TPA
JenisKeterangan
PenerbitDapo Kemdikbud RI
Ukuran App76 MB
Versi Aplikasi2023.d
Dukungan OSWindows 10
Dapodik Pauddikdasmen 2023.dDownload Aplikasi Dapodik Pauddikdasmen
Dapodik Vokasi 2023.dDownload Aplikasi Dapodik Vokasi

Cara Memasang Aplikasi Dapodik 2023.d

Apabila di laptop atau PC kalian sudah menginstal aplikasi Dapodik versi 2023.a, 2023.b, atau 2023.c, maka tinggal memperbaruinya saja ke versi 2023.d dengan memasang pacth dapodik versi terbaru. Namun jika belum, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan perangkat terhubung ke internet
  2. Download aplikasi Dapodik 2023.d via link di atas
  3. Instal aplikasi tersebut hingga terpasang sempurna
  4. Download file patch Dapodik 2023.d
  5. Refresh browser dengan cara klik “Ctrl+F5”
  6. Login aplikasi Dapodik terbaru dengan data login sekolah
  7. Cek apakah aplikasi sudah menggunakan versi 2023.d
  8. Silakan gunakan sesuai dengan kebutuhan

Itulah sekelumit tentang aplikasi Dapodik 2023 terbaru, silakan manfaatkan aplikasi tersebut untuk keperluan update data terbaru di sekolah kalian masing-masing

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?