Foto Seragam Kerja Pramugari Garuda dari Awal Berdiri

Garuda Indonesia adalah maskapai perusahaan penerbangan pertama di Indonesia yg didirikan pada tahun 1949. Pada awalnya Garuda Indonesia bernama KLM Interinsulair Bedrijf  didirikan oleh belanda guna melayani daerah jajahannya pada tahun 1947 namun tak lama kemudian pada tanggal 26 januari 1949 diganti namanya menjadi Garuda Indonesia, sejak saat itulah hari tersebut menjadi hari jadi Garuda Indonesia.

Berikut ini adalah foto-foto seragam kerja pramugari Garuda Indonesia dari waktu ke waktu :

  • Ini dia pakaian seragam kerja pertama pramugari Garuda Indonesia. Untuk designnya sangat sederhana hanya menggunakan kemeja warna putih dengan paduan rok berwarna cokelat dan topi berwarna cokelat juga. Karena pada awal berdiri Garuda indonesia ini masih masa-masa perjuangan jadi seragam kerja pramugari Garuda juga disesuaikan dengan pakaian para pejuang kemerdekaan (dok Garuda Indonesia).

  • Pada tahun 1959 Garuda Indonesia mengganti design pakaian seragam kerja pramugarinya. Namun masih menggunakan design yang sederhana dengan kemeja lengan pendek warna biru muda dan bawahan berwarna biru dongker serta memakai topi warna biru dongker juga (dok Garuda Indonesia).

  • Di tahun 1970, pakaian seragam kerja pramugari Garuda Indonesia menggunakan design yg lebih trendy dan dinamis. Seragam kerja pramugari Garuda saat itu menggunakan dress warna krem dengan kombinasi warna orange tua. Desainernya saat itu adalah Hanae Mori yang berasal dari negara Jepang (dok Garuda Indonesia)

  • Pakaian seragam kerja pramugari Garuda Indonesia berubah lagi ditahun 1980, kali ini seragam kerja pramugari garuda menggunakan design yang lebih formal menggunakan stelan kemeja lengan panjang formal berwarna orange dengan rok bawahan formal berwarna orange juga  (dok Garuda Indonesia)

  • Masih disekitar tahun 1980-an, seragam kerja pramugari Garuda Indonesia dikelas first class menggenakan pakaian seragam kerja dengan design kebaya terlihat sangat anggun dan menawan yang designnya disesuaikan dengan kebutuhan pramugari agar bisa bergerak bebas dan tidak mengganggu aktifitas pramugari dalam melayani penumpang (dok Garuda Indonesia).

  • Pada tahun 1985 seragam kerja pramugari Garuda berubah design. Pada tahun itu Garuda indonesia blouse formal berwarna krem keemasan dengan tambahan aksesoris scarf orange tua bermotif kotak untuk mempercantik design seragamnya (dok Garuda Indonesia).

  • Di tahun 1990 seragam kerja pramugari Garuda Indonesia menggunakan stellan blazer dengan aksesoris scraft di kalungkan dileher sehingga walau lebih terlihat formal namun tetap fleksibel. (dok Garuda Indonesia)

  • Masih di tahun yang sama yaitu ditahun 1990, Seragam kerja pramugari Garuda terdapat motif tenun ikat berwarna biru karya dari desainer anak bangsa, Prayudi (dok Garuda Indonesia)

  • Seragam kerja pramugari Garuda Indonesia di tahun 1999 menggunakan batif motik ‘Argopuro’ yang sangat elegan dan serasi sekali dengan dengan atasan bermotif batik dan bawahan polos. Motif batik itu merupakan karya desainer Irwan Tirta (dok Garuda Indonesia)

  • Masih di tahun 1999 seragam kerja pramugari Garuda menggunakan stellan Blazer warna biru dongker dengan tambahan scraft bermotif (dok Garuda Indonesia)

  • Di tahun 2000 seragam kerja pramugari Garuda Indonesia menggunakan stellan batik motik ‘Argopuro’ terlihat anggun dan menawan. (dok Garuda Indonesia)

  • Baru di tahun 2010 seragam Garuda Indonesia ada perubahan desain lagi yaitu berupa kebaya polos yang dipadu padankan dengan saroong batik motif ‘Lereng Garuda Indonesia’ (dok Garuda Indonesia)

  • Masih di tahun yang sama seragam kerja pramugari Garuda Indonesia menggunakan Motif batik ‘Lereng Garuda Indonesia’ didesain oleh Josephine Werratie Komara. (dok Garuda Indonesia)

  • Masih ditahun yang sama pula seragam pramugari Garuda Indonesia menggunakan Motif batik ‘Lereng Garuda Indonesia’. Ada tiga pilihan warna biru tosca, biru benhur dan orange (dok Garuda Indonesia)

  • Ini adalah  seragam kerja pramugari Garuda Indonesia yang digunakan tahun 2013 (dok Garuda Indonesia)