Fungsi Seragam Kerja Pabrik

Bisa dikatakan, seragam memang merupakan sebuah kebutuhan pokok dan kebutuhan utama bagi suatu perusahaan. Sebuah perusahaan membutuhkan seragam kerja bagi karyawannya, untuk menunjukkan identitas diri dari perusahaan tersebut. Dengan adanya seragam kerja pabrik yang dibuat di konveksi seragam terbaik ini pula, diharapkan masyarakat dan pelanggan bisa membedakan sekaligus bisa lebih mengenal karakteristik sebuah perusahaan tertentu. Mengingat seragam juga berfungsi untuk membangun citra atau membranding.

Saat ini, seragam kerja tidak hanya dipakai oleh para karyawan, tapi juga oleh atasan, baik itu seorang manajer maupun direktur. Nah, berikut fungsi dari beberapa pakaian yang biasanya dikenakan oleh para pekerja pabrik.

· Seragam Kerja Atasan (Manajer dan Direktur)

Selain menggunakan pakaian kerja setelah formal (kemeja-jas), biasanya para atasan juga mengenakan seragam kerja pabrik di hari-hari tertentu. Seragam kerja khusus atasan ini didesain menggunakan model kemeja lengan pendek standar dengan kancing tertutup (tidak terlihat), sehingga akan tampak lebih rapi dan simpel.

Terdapat saku depan di sebelah kiri, dengan bordir brand (logo perusahaan) di atas saku dan bagian bahu belakang di bawah leher. Untuk bahan, material kain drill (terutama American drill) adalah bahan kain yang umumnya digunakan. Pemakaian seragam untuk para atasan ini, selain bertujuan untuk menunjukkan identitas, juga berfungsi untuk menunjukkan rasa persamaan (egaliter).

· Seragam Kerja Karyawan Produksi

Untuk seragam karyawan pabrik –utamanya yang berada di bagian produksi–, seragam yang digunakan biasanya selalu satu paket dengan topi dari bahan kanvas. Untuk atasan, seragam ini biasanya didesain dalam model kaos wangki atau lebih sering disebut poloshirt.

Dengan bordir logo yang diletakkan di depan (dada kiri) dan di samping (lengan kanan atau kiri). Model kaos seperti ini lebih banyak dipilih, karena dianggap lebih nyaman dibandingkan dengan model kemeja. Mengingat aktivitas para pekerja yang selalu berada di dalam ruangan yang panas.

Sedangkan untuk topi, penting digunakan sebagai penutup kepala untuk mencegah jatuhnya rambut atau kotoran pada makanan atau produk hasil olahan. Karenanya, keberadaan sebuah topi produksi sangat dianjurkan bagi perusahaan (pabrik) yang mengutamakan kebersihan dan keselamatan.

Ada beberapa jenis kain yang bisa digunakan untuk pembuatan topi kerja ini, di antaranya seperti kain drill (Royal Drill, American drill, Japan Drill), canvas denim, rafel, laken, twill, famatex, nagatex, dan lain sebagainya. Kemudian, topi ini juga harus dibordir brand atau logo pabrik, sebagai penunjuk identitas.

· Seragam Kerja Lapangan

Selain karyawan yang bekerja di bidang produksi, dalam sebuah pabrik biasanya juga terdapat karyawan yang bekerja di lapangan. Apalagi, jika pabrik/perusahaan tersebut bergerak di bidang kontruksi, alat-alat teknologi, perminyakan, pertambangan, dan lain sebagainya. Tentunya, perbedaan ruang kerja ini juga akan berpengaruh terhadap seragam kerja pabrik yang dikenakan oleh para karyawannya.

Bagi mereka yang bekerja di lapangan, ada beberapa seragam khusus yang harus mereka kenakan demi menjaga keamanan, keselamatan, dan kenyamanan selama proses bekerja. Di antaranya seperti kemeja lapangan, celana lapangan, jaket, wearpack, dan rompi.

Pakaian-pakaian lapangan ini didesain dengan tingkat ketebalan dan kekuatan yang sangat baik, agar pakaian tidak mudah sobek meski selalu bersinggungan dengan alat-alat berat. Pakaian lapangan ini juga diproduksi dengan bahan yang mampu menyerap keringat, agar tetap nyaman digunakan di segala jenis cuaca.

Sedangkan untuk rompi, atribut ini berfungsi untuk mengurangi dampak bilamana terjadi kecelakaan akibat kontak  dengan benda lain yang berbahaya. Biasanya, rompi keselamatan ini dirancang khusus dan dilengkapi dengan reflektor atau pemantul cahaya. Reflektor ini akan memancarkan cahaya ketika keadaan gelap (cahaya sedang rendah), sehingga pemakainya akan tetap terlihat meski berada di tengah kegelapan. Tentunya, hal ini penting untuk keselamatan para pekerja lapangan.

Nah, itulah beberapa fungsi dari seragam kerja pabrik yang penting untuk Anda ketahui.

Untuk pemesanan seragam kerja pabrik bisa menghubungi :

CV. SUREWI WARDROBE
Jl. Tanah Seratus No.15 RT.05/RW.11
Kelurahan Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug.
Tangerang 15151

Telp : 021-7333240 / 0882.1283.4598
SMS / WA : 0878-0800-8637