Fungsi Topi Seragam Kerja

Salah satu kebutuhan dasar bagi setiap perusahaan adalah seragam dan topi seragam kerja. Seragam dapat diartikan sebagai seperangkat pakaian yang harus dikenakan oleh semua anggota suatu instansi/perusahaan/organisasi, baik ketika dinas harian ataupun ketika berpartisipasi pada kegiatan yang diikutinya.

Seragam kerja ini dapat berfungsi sebagai seperangkat simbol identitas karyawan yang tentunya dapat memberikan kebanggaan. Sekaligus untuk membedakan antara karyawan/anggota, dengan pihak-pihak lain seperti klien dan customer/pelanggan. Pakaian kerja ini juga merupakan bagian dari upaya membangun citra dan branding perusahaan, sehingga sebisa mungkin dibuat dari bahan yang berkualitas dan dengan konsep yang matang. Dan tentunya, seragam kerja ini tidak hanya berorientasi pada performance (penampilan) dan citra, namun juga pada vitalitas dan keselamatan kerja.

Kini, seragam kerja pun mengalami banyak perkembangan mulai dari bentuk, model, hingga variasi kelengkapan. Salah satu kelengkapan seragam kerja yang juga harus dimiliki oleh karyawan adalah topi seragam.

Topi seragam ini memiliki bermacam bentuk dan bahan yang bisa disesuaikan dengan fungsi dan lokasi kerja. Misalnya, topi produksi, topi komando, topi identitas perusahaan, dan lain sebagainya.

Fungsi Topi Seragam Kerja

Nah, meskipun masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi dan manfaat khusus sebuah topi, berikut beberapa fungsi dari topi seragam kerja yang perlu Anda ketahui.

·        Sebagai Pelindung bagi Pemakainya

Seperti yang kita tahu, fungsi utama dari sebuah topi adalah sebagai penutup kepala. Karenanya, topi seragam kerja bisa berfungsi sebagai penghalang silau sinar matahari langsung terhadap mata, terutama bagi mereka yang bekerja di lapangan. Tentunya, topi ini harus didesain nyaman saat dipakai, serta harus sesuai dengan persyaratan operasional dan keselamatan kerja. Selain itu, topi ini juga harus mampu mencerminkan image atau citra dari perusahaan tersebut.

·        Sebagai Bagian dari Peningkatan Produktivitas Kerja

Topi seragam juga berfungsi penting pada peningkatan produktivitas kerja karyawan, utamanya bagi mereka yang berada di divisi produksi. Keberadaan topi ini sangat dianjurkan bagi perusahaan yang mengutamakan kebersihan, keselamatan karyawan, serta kualitas hasil produksi. Topi ini berperan sebagai penutup kepala agar terhindar dari debu atau kotoran, serta mencegah jatuhnya rambut atau kotoran rambut pada makanan atau produk hasil olahan. Tentunya, dari segi model atau desain, topi produksi ini berbeda dengan topi-topi lainnya, mengingat desainnya yang harus menutup seluruh bagian kepala dan rambut.

·        Sebagai Identitas Perusahaan

Topi seragam kerja juga bisa berfungsi sebagai alat untuk mempromosikan nama perusahaan, sekaligus membangun citra dan branding perusahaan tersebut. Karenanya, sebisa mungkin topi tidak hanya dibuat agar nyaman dipakai, namun juga mampu memberi kesan positif, berwibawa, serta profesional.

·        Sebagai Aksesori dan Penunjang Penampilan

Selain berfungsi sebagai penutup kepala, tak bisa dimungkiri bahwa topi juga merupakan salah satu aksesori penunjang penampilan. Seseorang yang mengenakan topi akan tampak lebih keren serta percaya diri. Tentunya, kepercayaan diri dari karyawan juga sangat penting bagi citra perusahaan serta bagi efektivitas kinerja dari karyawan tersebut. Dan karenanya, topi ini harus dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi sehingga tidak mudah sobek, aus, ataupun pudar warnanya.

Nah, itulah beberapa fungsi dari topi seragam kerja yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang tertarik untuk memproduksi topi seragam kerja, ada beberapa jenis kain yang disarankan yaitu kain drill (Royal Drill, American drill, Japan Drill), canvas denim, rafel, laken, twill, famatex, nagatex, dan lain sebagainya. Serta, jangan lupa pula untuk memastikan kualitas dari bordir, agar topi tampak lebih keren dan berkualitas.