Harga HP Vivo Y16 dan Review Spesifikasinya 2024

admin

Vivo Y16 menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang sedang mencari HP entry-level dengan fitur-fitur dasar lengkap. HP yang rilis pada bulan Februari 2023 ini cukup high demand karena menawarkan desain menarik dan penyimpanan besar di harga Rp1 jutaan saja. Lebih lengkapnya mengenai review spesifikasi dan harga HP Vivo Y16 bisa Anda lihat di artikel ini!

Desain

Daya tarik utama Vivo Y16 adalah desainnya yang tampak seperti HP mid-range atau bahkan flagship. HP ini berbentuk kotak atau 2,5D dengan frame kamera yang lebar. Adanya sertifikasi IP53 untuk ketahanan debu dan cipratan air membuat bodi Vivo Y16 tampak terlihat solid.

Jika Anda kurang suka dengan HP yang tebal, Vivo Y16 cocok dipilih karena ketebalannya hanya 8,19 mm. Sedangkan beratnya sendiri hanya 184 gram. Desain dari HP ini semakin sempurna dengan pilihan warna cantik seperti Stellar Black dan Drizzling Gold.

Layar dan Tampilan

Penggemar film ataupun gaming tentu saja harus memperhatikan layar demi kenyamanan menonton dan bermain game. Seperti HP harga Rp1 jutaan lainnya, Vivo Y16 masih menggunakan panel IPS LCD. Ukuran layarnya cukup lebar yaitu 6,51 inci sehingga puas untuk nonton film atau bermain game.

Sementara resolusi layarnya juga masih HD+ (720 x 1600 piksel). Hal tersebut wajar karena harga HP Vivo Y16 memang di angka Rp1 jutaan saja. Selain itu, refresh rate yang digunakan juga masih standar yaitu 60 Hz. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan ketahanan layarnya karena Vivo Y16 sudah mendapatkan screen protector.

Chipset, Sistem Operasi, dan Penyimpanan

Kemampuan atau performa HP Android biasanya dipengaruhi oleh tiga komponen yaitu chipset, sistem operasi, dan penyimpanan. Vivo Y16 menggunakan chipset yang masih sama dengan seri terdahulu yaitu MediaTek Helio P35.

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga HP Samsung A04, Smartphone Entry-Level Kamera 50MP

Bagi para gamers, MediaTek Helio P35 tentu saja kurang ngebut untuk dipakai bermain game berat. Meskipun begitu, Vivo Y16 sudah cukup baik untuk multitasking dan gaming ringan. Pasalnya HP ini menawarkan fitur yang bernama Ultra Game Mode. Fitur tersebut dapat memaksimalkan performa HP saat bermain game.

Sementara dari segi penyimpanannya, Vivo Y16 menawarkan penyimpanan yang cukup beragam. Ada pilihan RAM 3GB dan 4GB, serta ROM 64GB dan 128GB. Anda tinggal memilih mana yang dibutuhkan. Vivo Y16 memiliki performa yang menyenangkan karena menggunakan sistem operasi terbaru yaitu UI FunTouch OS 12 dan Android 12.

Baterai dan Pengisian Daya

Vivo Y16 memiliki desain yang tipis dan tampak minimalis. Meskipun begitu nyatanya baterai yang disematkan cukup besar yaitu 5.000 mAh. Baterai tersebut mampu dipakai dalam jangka waktu panjang, bahkan hingga seharian tanpa charge. Apalagi layarnya yang berteknologi IPS LCD HD+ membuat konsumsi baterai lebih hemat.

Untuk mendukung baterainya tersebut, pabrikan asal Tiongkok ini menggunakan kabel charger kekinian yaitu USB Type C. Teknologi fast charging yang disematkan memang baru 10 watt. Namun sudah cukup cepat dibandingkan tidak ada fitur tersebut. 

Kamera

HP Vivo dikenal dengan kameranya yang jernih dan mampu menghasilkan foto berkualitas. Jika budget Anda terbatas, Vivo Y16 sudah memiliki fitur kamera yang cukup baik. HP ini total memiliki tiga buah kamera yang terdiri dari dua kamera belakang dan satu kamera depan. 

Kamera utama di bagian belakang memiliki resolusi 13MP. Sementara kamera macro-nya memiliki resolusi 2MP. Pada bagian depan, Vivo menyematkan kamera selfie dengan ukuran 5MP. Kamera depannya dipasang dengan bentuk waterdrop yang membuat HP tampak menarik.

Baca Juga :  Tips Memilih Casing HP Oppo A1k Beserta Rekomendasinya

Fitur Menarik

HP Vivo Y16 menawarkan beberapa fitur menarik yang membuatnya semakin worth it untuk dibeli, berikut di antaranya:

1. Ultra Fast Side Fingerprint

Meskipun harga Vivo Y16 di kelas entry-level, namun HP ini sudah dibekali dengan fitur Ultra Fast Side Fingerprint. Jadi sensor sidik jarinya sudah terintegrasi dengan tombol daya di bagian samping.

2. Fitur untuk Kamera

Resolusi kamera utama yang ditawarkan memang tidak terlalu besar dibandingkan HP lain di harga yang sama. Namun fiturnya bisa dibilang lengkap. Anda bisa menggunakan fitur kekinian seperti bokeh camera, AI face beauty, live photo, dan lain-lain.

3. Multi-Turbo 5.5

Fitur satu ini termasuk fitur eksklusif yang bisa membantu mengurangi stuttering serta lag saat bermain game. Adanya cooling system juga membuat suhu HP tetap stabil sehingga performanya pun selalu terjaga. 

4. iManager

HP Vivo terbaru menawarkan fitur iManager yang bisa membersihkan HP dengan baik. Tujuannya agar penyimpanan maupun performanya lebih optimal. 

Harga HP Vivo Y16

Penasaran dengan harga HP Vivo Y16 tahun 2023? Tenang saja, HP ini ditawarkan dengan harga super terjangkau sehingga tidak akan bikin kantong kering. Varian RAM 3GB dan ROM 32GB bisa Anda dapatkan dengan harga Rp1.799.000. Sementara varian RAM 4GB dan ROM 128GB seharga Rp1.999.000.

Kesimpulan

Dari review singkat di atas bisa disimpulkan bahwa Vivo Y16 layak dijadikan sebagai HP daily driver. Harga HP Vivo Y16 terbilang terjangkau karena spesifikasinya cukup baik dengan desain yang mewah. Anda juga bisa mendapatkan Android versi terbaru sehingga kompatibel untuk banyak aplikasi kekinian. Namun untuk gaming berat, Anda sepertinya harus mencari opsi lain.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?