Punya Sertifikasi IP53, Ini Spesifikasi dan Harga HP Vivo Y16

admin

Seri Y merupakan salah satu seri HP paling terjangkau yang dirilis Vivo untuk Anda. Mengunggulkan desain yang menawan, harga HP Vivo Y16 sebanding dengan spesifikasinya yang cukup minimalis. Meskipun begitu, HP satu ini tetap layak untuk kebutuhan daily driver atau aktivitas sehari-hari. 

Spesifikasi HP Vivo Y16

Seperti kebanyakan HP di kelas entry level, HP asal Tiongkok ini juga masih memakai layar IPS LCD resolusi HD+. Ukurannya cukup lebar mencapai 6,51 inci, jadi Anda bisa menonton film dengan sangat nyaman.

Meskipun resolusinya tidak terlalu besar, namun Vivo Y16 sudah mengusung konsep dual camera. Masing-masing resolusinya yaitu 13MP dan 2MP. Modul kamera belakang disusun vertikal dengan gaya yang sangat kekinian.

Dari bagian dapur pacu tidak ada yang spesial mengingat Vivo Y16 yang sangat terjangkau. Chipset yang disematkan adalah MediaTek Helio P35. Pilihan penyimpanannya cukup beragam sehingga bisa disesuaikan kebutuhan dan budget Anda. 

Harga HP Vivo Y16

Sudah penasaran dengan harga HP Vivo Y16 terbaru? HP satu ini cocok untuk Anda yang budget-nya terbatas. Pasalnya hanya dengan budget di bawah Rp2 jutaan saja Anda sudah bisa mendapatkan penyimpanan internal sebesar 128GB.

Varian paling murah adalah RAM 4GB dan ROM 64GB yang dibanderol dengan harga Rp1.899.000. Sedangkan varian tertinggi adalah RAM 4GB dan ROM 128GB yang hanya beda sedikit yaitu Rp1.999.000. Di harga yang sama, Anda bisa mendapatkan beberapa HP seperti Vivo Y15s, Xiaomi Redmi 10 2022, Xiaomi Redmi 10C, Oppo A17k, dan Oppo A16e. 

Kelebihan Vivo Y16

Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkan beberapa kelebihan berikut ini:

  1. Desain bodi yang cantik dan mewah
Baca Juga :  Tipe dan Harga Laptop Asus RAM 8GB Terbaru 2024

Vivo memang selalu mengunggulkan desain bodi yang menarik. Itulah sebabnya banyak wanita menyukai brand Tiongkok satu ini. Berada di kelas entry level, Vivo Y16 memiliki desain yang mewah, ramping, dan nyaman saat digenggam.

Bodi sampingnya memakai tren kekinian yaitu 2,5D flat frame. Bukan hanya frame saja, bahan untuk bodi belakang juga menarik. Meskipun masih memakai plastik, namun jenisnya adalah yang mewah yaitu crystaline matte. Tidak akan ada sidik jari, goresan, atau debu yang tertinggal saat dipakai. 

  1. Penyimpanan yang lega

Cari HP murah dengan penyimpanan yang lega? Vivo Y16 adalah jawabannya. Harga HP Vivo Y16 cuma di bawah Rp2 jutaan, namun Anda sudah bisa mendapatkan penyimpanan sampai 128 GB. 

Penyimpanan sebesar itu cukup untuk menyimpan hasil foto dari dual camera yang dimiliki. Bahkan Anda tidak perlu bingung mengunduh dan menginstall aplikasi favorit karena penyimpanannya yang lega.

  1. Daya tahan baterai lama

Baterai berkapasitas 5000 mAh memang tampak biasa saja saat ini. Namun manajemen yang baik dari Vivo membuat baterainya lebih tahan lama. 

Berdasarkan klaim yang dikeluarkan oleh Vivo, HP ini mampu bertahan sama dengan 18 jam untuk nonton video online, 7 jam untuk bermain game, dan 22 jam untuk mendengarkan musik. Jika hanya sekedar pemakaian harian, HP mungkin bisa bertahan seharian penuh tanpa charging.

  1. Sertifikasi IP53

HP Vivo Y16 makin cocok untuk penggunaan sehari-hari dengan adanya sertifikasi IP53. Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa perangkat teknologi mampu tahan terhadap cipratan air serta penumpukan debu. 

Biasanya sertifikasi IP diberikan pada seri-seri menengah atau bahkan flagship. Sangat jarang HP entry level yang memberikannya, meskipun sertifikasinya IP53 namun sudah sangat baik.

Baca Juga :  Harga HP Vivo Y16 dan Review Spesifikasinya 2024

Kekurangan Vivo Y16

Sebagai pertimbangan sebelum membeli, berikut ini kekurangan Vivo Y16:

  1. Refresh rate masih 60 Hz

Refresh rate penting bagi beberapa orang karena menunjukkan apakah HP nyaman untuk scrolling atau tidak. Meskipun harganya mendekati Rp2 juta, namun HP ini masih memakai refresh rate standar yaitu 60 Hz. Di kelas dan harga yang sama, beberapa merek lain sudah menyematkan refresh rate 90 Hz.

  1. Chipset kurang gahar

MediaTek Helio P35 tentu saja bukan chipset yang gahar. Apalagi fabrikasinya masih di angka 16 nm. Meskipun punya penyimpanan yang besar, namun chipset penting untuk aktivitas gaming maupun multitasking. AnTuTu 9 menghasilkan angka 101.540 untuk Vivo Y16 ini. 

  1. Tidak ada kamera ultra-wide

Penggemar foto juga harus sedikit kecewa dengan Vivo Y16 ini. Pasalnya dengan harga HP Vivo Y16 tersebut, Anda masih belum mendapatkan kamera dengan fitur ultra-wide. Selain itu, tidak ada model slow motion atau mode malam yang disukai para fotografer HP. 

Spesifikasi Lengkap Vivo Y16

Berikut ini informasi dan spesifikasi lengkap HP Vivo Y16

  • Layar : IPS LCD 6,51 inci, resolusi HD+ (1600 x 720 piksel)
  • Berat : 190,5 gram
  • Prosesor : MediaTek Helio P35, Octa-core 2.3GHz
  • RAM : 4GB
  • Memori internal : 64GB/128GB
  • Kamera belakang : Dual camera 13MP + 2 MP
  • Kamera depan : Single camera 5MP
  • Baterai : 5000 mAh
  • SO (Sistem Operasi): Funtouch OS 12, Android 12 
  • Pilihan warna : Stellar Black, Drizzling Gold
  • Spesifikasi dan fitur lain: Bluetooth 5.0, Type C, dan sensor sidik jari.
  • Harga : 4/64GB (Rp1.899.000), 4/128GB (Rp1.999.000)

Itulah informasi mengenai spesifikasi dan harga HP Vivo Y16. Paling cocok untuk Anda yang menginginkan HP cantik dengan penyimpanan besar. Apakah Anda tertarik untuk meminang Vivo Y16?

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?