Begini Cara Menjalankan Hotspot Wi-Fi dari Laptop Windows

admin

Hotspot Wi-Fi dari laptop – Bagi para pengguna laptop windows 10 memang bisa menikmati berbagai keunggulan dan fitur penting. Salah satunya dengan menjadikan laptop sebagai hotspot WiFi. Metode yang dilakukan juga sangat sederhana. Selain itu, cara ini juga akan membuat user bisa memaksimalkan perangkat secara optimal. Cara menjalankan hotspot Wi-Fi dari laptop Windows bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Menjalankan Hotspot Wi-fi dari Laptop Windows

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan hotspot wi-fi dari laptop. Pastikan juga perangkat laptop memiliki kinerja yang baik dan dukungan baterai mumpuni. Berikut ini 3 cara menjalankan hotspot wi-fi dari laptop windows, yaitu:

1. Menggunakan Command Prompt

User dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menjalankan hotspot Wi-Fi dari laptop Windows menggunakan Command Prompt:

Buka Command Prompt dengan cara tekan tombol “Windows + R” pada keyboard dan ketik “cmd” lalu tekan Enter.

Ketik perintah berikut pada Command Prompt dan tekan Enter:

vbnet

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaHotspot key=PasswordHotspot

Ganti “NamaHotspot” dengan nama hotspot yang ingin user buat, dan “PasswordHotspot” dengan kata sandi hotspot yang diinginkan.

Setelah berhasil membuat hotspot, user perlu memulai jaringan hosted dengan menjalankan perintah berikut pada Command Prompt:

sql

netsh wlan start hostednetwork

Selanjutnya, user perlu membagikan koneksi internet dari laptop ke hotspot Wi-Fi yang telah dibuat. Untuk melakukan hal ini, buka “Control Panel” dan pilih “Network and Sharing Center”.

Klik pada “Change adapter settings” pada bagian kiri jendela. Kemudian, klik kanan pada koneksi internet yang user gunakan dan pilih “Properties”.

Baca Juga :  10 Merek dan Harga Memori HP 4GB Terlaris

Pilih tab “Sharing” dan centang kotak “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection”. Pilih hotspot Wi-Fi yang telah dibuat dari menu drop-down.

Terakhir, kembali ke Command Prompt dan jalankan perintah berikut untuk memeriksa apakah hotspot Wi-Fi sudah berjalan:

sql

netsh wlan show hostednetwork

Itulah cara menjalankan hotspot Wi-Fi dari laptop Windows menggunakan Command Prompt. Pastikan laptop Anda mendukung fitur hotspot Wi-Fi sebelum mencoba langkah-langkah di atas.

2. Lewat Fitur Settings

User dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menjalankan hotspot Wi-Fi dari laptop Windows menggunakan fitur Settings:

Buka “Settings” dengan cara tekan tombol “Windows + I” pada keyboard atau klik pada menu Start dan pilih ikon “Settings”.

Klik pada opsi “Network & Internet”.

Pilih opsi “Mobile hotspot” pada panel kiri.

Aktifkan opsi “Share my Internet connection with other devices” dan pilih jenis koneksi internet yang ingin user bagikan ke hotspot Wi-Fi. User juga dapat mengatur nama dan kata sandi hotspot Wi-Fi di bagian bawah halaman.

Tekan tombol “Edit” untuk mengubah nama hotspot dan kata sandi hotspot yang telah dibuat.

Setelah selesai mengubah pengaturan hotspot, aktifkan “Mobile hotspot” dengan mengklik tombol “On” di bagian atas halaman.

Hotspot Wi-Fi sekarang sudah siap digunakan. User dapat terhubung ke hotspot Wi-Fi ini dari perangkat lain dengan menggunakan nama dan kata sandi hotspot yang telah dibuat.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Menjalankan Hotspot Wi-Fi dari Laptop, User dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Connectify untuk menjalankan hotspot Wi-Fi dari laptop Windows. Berikut adalah cara menjalankan hotspot Wi-Fi menggunakan Connectify:

Download dan install Connectify di laptop.

Baca Juga :  Berapa Biaya Pembuatan Paspor? Lengkap Dengan Jenisnya!

Buka Connectify dan pilih opsi “Wi-Fi Hotspot”.

Atur nama dan kata sandi hotspot Wi-Fi yang ingin dibuat.

Pilih koneksi internet yang ingin user bagikan ke hotspot Wi-Fi.

Tekan tombol “Start Hotspot” untuk memulai hotspot Wi-Fi.

Hotspot Wi-Fi sekarang sudah siap digunakan. User dapat terhubung ke hotspot Wi-Fi ini dari perangkat lain dengan menggunakan nama dan kata sandi hotspot yang telah dibuat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?