Jenis-Jenis Bahan Seragam Kerja Lapangan

Seragam kerja lapangan merupakan seragam yang wajib dikenakan pada saat bekerja di area luar kantor. Bukan hanya sebagai pengenal, seragam ini juga berfungsi sebagai alat pengaman. Sebab, seragam kerja lapangan tidak boleh dibuat secara sembarangan. Baik bahan maupun modelnya dibuat khusus agar si penggunanya terasa nyaman dan aman saat bekerja. Berikut ini beberapa hal penting yang berkaitan dengan seragam kerja lapangan.

# Model Seragam Lapangan

Pada umumnya, seragam untuk pekerja lapangan terdiri dari celana panjang dan atasan kemeja. Sedangkan, model yang digunakan cukup sporty sehingga membuat penggunanya lebih leluasa saat bergerak di lapangan. Jumlah saku pada baju maupun celana biasanya cukup banyak. Hal ini untuk memudahkan agar semua peralatan selama bekerja dapat dibawa semua.

# Bahan Seragam Lapangan

Bahan seragam yang seharusnya digunakan bagi para pekerja lapangan haruslah yang terbuat dari serat yang mudah menyerap keringat. Selain itu, bahan yang fleksibel juga perlu menjadi prioritas. Berikut ini beberapa contoh bahan kain yang paling ideal untuk seragam para pekerja lapangan.

1.  Bahan Drill

Bahan kain drill mempunyai permukaan sedikit kasar dan serat garis-garis tebal. Berdasarkan besarnya serat, kain drill dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu japan drill yang mempunyai serat besar, american drill yang mempunyai serat sedang, dan twill drill yang mempunyai serat kecil. Pada umumnya, yang sering digunakan adalah bahan japan drill dan american drill. American drill mempunyai bahan lebih lembut dan kokoh. Selain itu, kualitasnya pun cukup bagus dengan harga yang terjangkau. Sama seperti american drill, japan drill juga mempunyai bahan yang kokoh dan lembut, namun harganya lebih mahal.

2.  Bahan Kanvas

Bahan ini mempunyai serat yang lebih besar dan tebal dari pada kain drill sehingga mampu dengan baik melindungi kulit dari gesekan alat2 kerja. Selain itu, kekuatan bahan Kanvas sangat cocok untuk pakaian seragam lapangan. Namun, tentu saja harga yang ditawarkan bahan kain ini agak mahal.

# Hal Penting Terkait Seragam Lapangan

Selain bahan, hal paling penting lain yang harus diperhatikan dari seragam lapangan adalah jahitan yang kuat dan fleksibel. Sebab, di lapangan, pekerja akan melakukan gerakan ekstra yang kadang tidak terduga. Jika jahitan yang dibuat tidak cukup kuat, seragam akan mudah lepas. Selain itu, desain pakaian juga perlu untuk diperhatikan. Semaksimal mungkin, desain yang digunakan tidak menghalangi gerakan penggunanya.

Salah menggunakan bahan untuk seragam lapangan pasti akan sangat mengganggu kinerja penggunanya. Bukan hanya si pengguna yang rugi, perusahaan di mana ia bekerja pun akan dirugikan. Oleh karena itu, sebelum membuat seragam, terlebih dahulu pilihlah bahan kain maupun model desain yang cocok untuk pekerja lapangan. Selain itu, jangan lupa untuk memperkokoh jahitan pada seragam kerja lapangan tersebut.