Jenis Seragam Kerja Lapangan

Jika dilihat dari aspek tata ruang, pekerjaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu pekerjaan di dalam dan di luar ruangan (kerja lapangan). Tentunya, keduanya memiliki perbedaan yang nyata terkait aktivitas-aktivitas yang harus dilakukan. Untuk aktivitas pekerjaan di luar lapangan, sebut saja seperti industri pertambangan, tentunya membutuhkan seragam kerja lapangan yang secara fungsional cukup kuat, enak dipakai, serta tetap memenuhi unsur estetis. Tujuannya tentu agar seragam tidak mudah robek, bisa menyerap keringat, serta tetap bisa tampil menarik dengan seragam kebanggaan institusi/perusahaan.

Karenanya, seragam kerja lapangan sangat berbeda dengan seragam kerja dalam ruangan. Ada beberapa jenis seragam lapangan yang biasanya wajib digunakan oleh para pekerja yang beraktivitas di luar ruangan. Apa saja? Berikut uraiannya.

· Kemeja Kerja Lapangan

Mengingat pekerjaan lapangan yang selalu berkaitan dengan alat-alat berat, maka kemeja lapangan biasanya dibuat dari bahan-bahan yang kuat agar tidak mudah sobek. Bahan yang biasa digunakan seperti bahan drill berkualitas baik, jeans, kanvas atau bahan lain yang bertekstur mirip. Selain dari bahan, aspek lain yang juga berpengaruh adalah kekuatan dan kerapatan jahitan.

Namun, meski sangat mementingkan tingkat ketebalan dan kekuatan pakaian, seragam kerja ini tetap didesain dengan bahan yang mampu menyerap keringat, agar tetap nyaman digunakan di tengah teriknya matahari. Dan sama halnya dengan kemeja pada umumnya, kemeja lapangan ini juga tersedia dalam dua model, yaitu kemeja lengan pendek dan lengan panjang.

· Celana Lapangan

Setelan bawahan yang pas untuk kemeja lapangan adalah celana berbahan denim/jeans dengan kualitas prima. Model celana berbahan dasar jeans ini, memang telah dikenal sebagai pakaian bawahan standar untuk orang lapangan. Mengingat bahan denim/jeans itu sendiri yang sangat nyaman, kuat, serta tidak mudah kotor sehingga sangat cocok untuk aktivitas di luar ruangan.

Lebih dari itu, selain memiliki aspek fungsionalitas dan fleksibilitas, bahan denim/jeans juga dianggap mampu memenuhi unsur tampilan modis dan keren. Jadi, selain aman dan nyaman, penggunaan celana denim/jeans bagi pekerja lapangan juga dianggap dapat menunjang penampilan. Untuk bahan, biasanya material yang biasa digunakan adalah denim 12 oz, 13 oz maupun 14 oz.

· Jaket Lapangan

Selain kemeja dan celana, jenis pakaian lain yang juga sangat penting bagi para pekerja lapangan adalah jaket. Jaket lapangan ini tentunya harus dibuat dari bahan yang kuat, agar tidak mudah sobek serta tahan terhadap segala jenis cuaca. Bahan Jaket lapangan yang biasanya digunakan di antaranya seperti Taslan Wp, Milky, Kanvas, Mikro dan lain sebagainya.

Selain itu, biasanya jaket lapangan ini juga diproduksi dari bahan material yang anti air ataupun water repellant, terutama bagi mereka yang aktivitasnya berhubungan dengan air, minyak, atau sejenisnya. Sedangkan untuk model atau desain, jaket lapangan ini umumnya didesain berkantung banyak, agar lebih berfungsi maksimal untuk membawa atau menyimpan peralatan/kebutuhan pekerjaan.

· Pakaian Lapangan Wearpack

Jenis pakaian yang juga menjadi perlengkapan standar untuk seragam kerja lapangan adalah setelan wearpack. Jenis pakaian yang satu ini didesain dengan memadukan atasan dan bawahan secara langsung. Biasanya, pakaian lapangan ini digunakan oleh para pekerja yang berada di industri pertambangan, perminyakan, teknik konstruksi alat berat, dan lain sejenisnya.

Untuk bahan, sama halnya dengan seragam lapangan pada umumnya, wearpack juga menggunakan bahan material yang kuat seperti denim/jeans dan kain drill (American drill, Japan drill, dan atau jenis kain drill yang lainnya).

· Rompi Safety

Selain jenis pakaian lapangan yang telah disebutkan sebelumnya, hal lain yang juga harus dikenakan oleh para pekerja lapangan adalah rompi. Rompi ini bukan hanya sekadar seragam yang digunakan saat bekerja, melainkan juga dirancang khusus untuk keselamatan kerja. Mengingat pekerjaan lapangan yang sangat rentan dengan kecelakaan kerja.

Nah, itulah beberapa jenis seragam kerja lapangan yang penting untuk Anda ketahui.

Untuk Pemesanan Seragam Kerja Lapangan bisa menghubungi :

CV. SUREWI WARDROBE
Jl. Tanah Seratus No.15 RT.05/RW.11
Kelurahan Sudimara Jaya, Kecamatan Ciledug.
Tangerang 15151

Telp : 021-7333240 / 0882.1283.4598
SMS / WA : 0878-0800-8637