Kain yang Cocok untuk Seragam Kontraktor

Dalam memilih kain untuk seragam kerja, tentunya Anda tidak boleh asal. Karena bagaimanapun, seragam kerja adalah citra dari perusahaan/institusi sehingga harus menampilkan profesionalisme yang elegan. Sedangkan sifat dan karakteristik bahan kain bisa mempengaruhi penggunaan. Ada kain yang cocok untuk bahan kemeja dan seragam, ada juga yang hanya cocok untuk kemeja saja atau seragam saja. Seragam pun terdiri dari beragam jenis, di antaranya seperti seragam dinas PNS, seragam kerja lapangan seperti seragam kontraktor atau yang lainnya.

Nah, untuk seragam kerja lapangan seperti kontraktor, tentunya dibutuhkan bahan kain yang agak keras tapi lembut, rapi dan cocok untuk aktivitas di luar ruangan. Lalu apa saja bahan yang bisa digunakan untuk membuat seragam kontraktor?

Kain Drill

Kain drill ini adalah jenis bahan yang paling banyak digunakan untuk seragam kerja. Karakteristiknya yang agak keras namun lembut, rapi dan tahan kusut sangat cocok untuk digunakan di dalam maupun di luar ruangan. Tekstur garis diagonalnya yang rapat juga menjadikan kain jenis ini terkenal awet dan tidak mudah pudar meskipun sudah dicuci berulang kali. Meski memang, kain drill ini juga sedikit panas, terutama ketika cuaca tengah panas.

Jenis kain ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

·        Japan Drill

Bahan ini adalah kain drill yang paling populer dan banyak digunakan untuk pembuatan seragam kerja, termasuk seragam kontraktor, kemeja kantor, topi, jaket, rompi, dan lainnya. Hal ini mengingat bahan ini memiliki serat benang yang besar dan tebal, namun tetap mampu menyerap air dengan baik, sehingga tetap adem meski cuaca panas. Kelebihan lain, kain jenis ini memiliki konsentrasi katun yang tinggi serta warna yang tidak mudah pudar. Sangat cocok untuk aktivitas di luar ruangan.

·        Taipan Drill

Selain Japan Drill, jenis kain yang juga selalu digunakan untuk pembuatan baju seragam adalah Taipan Drill. Bahan ini terbuat dari campuran 70% katun dengan 30% teteron sehingga dapat menyerap air dengan baik. Kain jenis ini juga memiliki permukaan yang halus, lentur, serta tidak mudah kusut sehingga sangat nyaman saat digunakan. Tak heran, jika Taipan Drill ini banyak digunakan untuk seragam PNS, seragam aparat, hingga seragam kontraktor.

·        Hisoft Drill

Meski kurang populer, jenis kain drill yang satu ini nyatanya memiliki kualitas yang sedikit lebih baik dibanding Japan Drill. Hisoft drill memiliki konsentrasi katun yang lebih banyak sehingga lebih nyaman ketika dipakai. Teksturnya juga lebih halus dan lembut jika dibandingkan dengan Japan Drill. Tak heran, jika kain ini banyak digunakan untuk pembuatan kemeja, seragam, rompi, jaket almamater, blazer, dan topi.

·        American Drill

Jenis kain drill yang satu ini terbuat dari campuran katun dan polyester dengan serat yang lebih kecil dibandingkan Japan Drill. Karenanya, meski memiliki tekstur yang halus dan lembut, kain ini sedikit lebih kaku. Namun meski demikian, kain ini tetap cocok untuk digunakan dalam pembuatan baju seragam, kemeja kantor, topi, rompi, blazer, dan jas.

Kain Denim

Selama ini, denim acapkali dikenal sebagai bahan jeans. Namun ternyata, kain jenis ini juga sering kali digunakan sebagai bahan pembuatan seragam kerja mengingat kain denim memiliki tekstur bergaris diagonal yang menyerupai kain drill. Kain ini sangat cocok untuk digunakan di luar ruangan, sehingga dalam penggunaannya banyak digunakan untuk seragam lapangan seperti celana jeans, kemeja jeans, ataupun jaket jeans. Tentunya, kain denim untuk kemeja, memiliki tekstur yang lembut, tipis dan ringan dibandingkan dengan bahan celana dan jaket yang tebal.

Nah, itulah bahan kain yang cocok untuk digunakan sebagai seragam kerja di luar ruangan seperti seragam kontraktor. Semoga bermanfaat.