11 Ide Kombinasi Warna Seragam Kerja yang Patut Anda Pertimbangkan

admin

Membuat seragam kerja tidak hanya sekedar mendesain saja. Anda juga harus menentukan kombinasi warna seragam kerja yang tepat agar terlihat keren dan bagus. Memang terkesan simple, namun mengkombinasikan warna seragam kerja bukan perkara mudah. Anda harus mempertimbangkan banyak aspek untuk mendapatkan warna sesuai dengan keinginan.

Artikel ini akan memberikan informasi dan ide mengenai kombinasi warna yang bisa dipertimbangkan. Jadi Anda tidak akan kebingungan saat akan membuat seragam kerja.

Pentingnya Pemilihan Warna Pada Seragam Kerja

Warna menjadi bagian penting dari seragam kerja karena mampu memberikan kesan tertentu pada orang yang melihatnya. Contohnya yaitu seperti kesan energik, kreatif, profesional, dan lain sebagainya.

Jika mampu memilih kombinasi warna baju kerja yang tepat, maka pekerja yang memakainya akan jauh terlihat profesional. Pemilihan warna pada seragam kerja sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal seperti:

1. Warna Utama

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah memilih warna utama untuk membuat seragam kerja sesuai keinginan. Warna utama ini adalah warna inti yang akan dijadikan dasar dalam memilih warna lain untuk dikombinasikan.

Ada banyak sekali warna yang bisa dijadikan sebagai warna utama. Namun sebagian besar perusahaan memilih warna utama sesuai dengan citra brand atau perusahaannya. Contohnya yaitu perusahaan keuangan biasanya menggunakan warna utama biru. Sementara perusahaan hukum menggunakan warna utama abu-abu.

Sesuaikan saja dengan citra perusahaan Anda masing-masing. Karena setiap jenis bisnis memiliki citra yang berbeda-beda. Sehingga cukup mudah membedakan dengan perusahaan-perusahaan lainnya yang memiliki basic berbeda.

2. Warna Dasar

Sudah memilih warna utama yang akan dipakai? Tips kombinasi warna seragam kerja selanjutnya yaitu menentukan warna dasar. Warna utama dan warna dasar merupakan dua elemen yang berbeda.

Warna utama biasanya yang akan menonjol dari seragam yang Anda buat. Sedangkan warna dasar adalah warna yang akan dipakai sebagai dasar dari seragam. Biasanya warna dasar yang dipakai adalah warna-warna netral. Tujuannya agar seragam kerja tidak terlalu menonjol.

Namun beberapa perusahaan ada yang menggabungkan warna utama dengan warna dasar ini. Jadi warna utamanya dijadikan sebagai warna dasar seragam. Anda tinggal menyesuaikan saja apakah warna utama tersebut cocok dijadikan warna dasar atau tidak. Apabila terlalu menonjol, Anda bisa memilih warna netral sebagai dasar dari seragam.

Beberapa warna netral yang cocok dijadikan sebagai warna dasar adalah hitam, putih, abu-abu, dan coklat. Anda bisa memadukan warna netral tersebut dengan warna yang lebih cerah. Perpaduan antara warna cerah dan netral menampilkan kesan bersih dan rapi. Hal itu membuat seragam Anda terlihat sangat menarik.

3. Warna Aksen

Seragam kerja yang terlihat polos tentu saja tidak menarik bukan? Anda harus menambahkan warna aksen agar seragam lebih menarik. Itulah sebabnya tips kombinasi warna seragam kerja penting untuk Anda pahami.

Perpaduan warna utama, warna dasar, dan warna aksen sangat penting untuk diperhatikan. Pastikan ketiganya memiliki warna yang tepat sehingga seragam tidak terlihat aneh. Aksen biasanya diterapkan pada bagian lengan, kerah, dada, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan warna dasar, warna aksen biasanya lebih sedikit di seragam kerja. Jadi Anda bisa memilih warna-warna cerah dan menonjol. Jika mampu memilih warna aksen yang tepat, maka seragam kerja akan jauh lebih menarik.

Contoh kombinasi warna aksen dan warna utama yang bisa Anda coba adalah biru dan kuning atau merah. Warna utamanya adalah biru. Sedangkan warna aksennya adalah kuning atau merah. Kedua warna menonjol tersebut membuat pemakainya terlihat lebih cerah dan ceria.

4. Psikologi Warna

Salah satu hal yang sering dilewatkan banyak orang ketika mencoba kombinasi warna seragam adalah memperhatikan psikologi warna. Perlu Anda ketahui bahwa setiap warna mampu mempengaruhi psikologi baik itu emosi atau perilaku. Selain itu, setiap warna seragam juga memiliki makna yang berbeda-beda.

Sebaiknya Anda mengetahui dan mempelajari setiap psikologi warna. Dengan begitu, mudah bagi Anda untuk mengkombinasikan warna yang cocok. Pasalnya warna tersebut bisa disesuaikan dengan psikologi pemakainya.

Contohnya adalah dua warna yang populer untuk seragam kerja yaitu biru dan merah. Warna biru menawarkan kesan stabil dan profesional. Sementara warna merah menawarkan kesan energik dan dinamis. Perusahaan Anda memiliki citra sesuai dengan warna apa? Pilih berdasarkan citra perusahaan tersebut.

Baca Juga :  Konveksi Seragam Kantor Jakarta Kualitas Terjamin

5. Warna Analog

Warna analog merupakan warna-warna yang saling berdekatan dalam lingkaran warna. Ada kesan menyenangkan yang terlihat pada kombinasi warna analog ini. Bukan hanya itu saja, warna analog yang saling berdekatan juga mampu menciptakan kesan harmonis.

Ketika akan memadukan warna untuk seragam kerja, cobalah untuk membuka lingkaran warna yang ada di internet. Lihatlah warna-warna yang saling berdekatan dan cobalah mengkombinasikannya.

Contoh warna analog yang sering dikombinasikan yaitu merah dan oranye, biru dan hijau, serta warna lainnya. Beberapa orang juga melakukan gradasi warna pada seragam kerja untuk memberikan kesan lebih serasi.

6. Jumlah Warna yang Dipadukan

Sama seperti memadukan fashion item atau aksesoris, Anda juga harus memperhatikan jumlah warna ketika memadukannya. Jelas sekali bahwa terlalu banyak warna tidak akan bagus untuk seragam kerja Anda.

Oleh sebab itu, pastikan memadukan warna secukupnya saja. Kebanyakan perusahaan hanya memadukan dua sampai tiga warna saja. Jadi tidak ada kesan berlebihan yang terlihat dari seragam Anda. Apalagi jika Anda ingin menampilkan kesan elegan dan profesional, maka hindari terlalu banyak warna.

7. Pahami Rumus Kombinasi Warna

Tips yang terakhir yaitu memahami rumus kombinasi warna. Hal ini akan sangat membantu Anda yang masih kebingungan memilih warna. Pada dasarnya, ada dua macam rumus kombinasi warna yang paling mudah dipahami, terutama oleh pemula.

Pertama adalah kombinasi warna yang sejenis. Sedangkan yang kedua adalah kombinasi warna yang berseberangan. Namun semuanya tetap harus disesuaikan dengan citra brand atau perusahaan Anda.

Cara paling aman untuk Anda yang kebingungan adalah mengkombinasikan warna-warna monokromatik. Pilih satu warna namun intensitasnya berbeda. Hal tersebut akan menghasilkan perpaduan yang pas dan serasi.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba warna yang berseberangan atau komplementer. Warna berseberangan atau berlawanan paling cocok untuk perusahaan-perusahaan yang tidak menonjolkan kesan elegan. Contoh warna seragam kerja berseberangan yang biasanya dipakai yaitu warna kuning yang dipadukan dengan warna ungu.

11 Ide Kombinasi Warna Seragam Kerja

Masih bingung memilih kombinasi yang cocok untuk warna seragam kerja Anda? Tenang saja, berikut ini ada beberapa ide kombinasi seragam kerja yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Abu-Abu dan Hitam

Ide warna pertama yang bisa Anda pertimbangkan yaitu kombinasi warna abu-abu dan hitam. Kombinasi warna tersebut sangat cocok untuk perusahaan yang sebagian besar karyawannya laki-laki. Bahkan kombinasi abu-abu dan hitam termasuk kombinasi warna seragam yang sangat populer.

Alasan utama kenapa kedua warna tersebut populer yaitu karena menjadi pilihan yang aman. Seragam abu-abu dan hitam mudah dipadukan dengan berbagai macam celana dan jas. Contohnya yaitu celana hitam dan jas abu-abu.

Kombinasi yang Anda terapkan tersebut memberikan kesan simple namun tetap terasa formal dan keren. Meskipun begitu, Anda harus jeli saat mengkombinasikannya. Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa memadukan dengan warna yang cerah seperti putih.

2. Silver dan Hitam

Ide kombinasi warna seragam kerja selanjutnya masih berwarna hitam, namun kali ini dikombinasikan dengan warna silver atau perak. Warna silver sebenarnya mirip dengan warna abu-abu. Namun biasanya memiliki warna yang lebih terang.

Sama seperti kombinasi warna sebelumnya, kombinasi warna satu ini juga menawarkan kesan simple dan elegan. Ada daya tarik sendiri yang terasa dari kombinasi warna silver dan hitam.

Seragam kerja berwarna silver dan hitam cocok dipakai oleh karyawan yang bekerja di kantor. Anda akan terlihat sempurna apabila memadukannya dengan aksesoris seperti jam tangan.

3. Coklat dan Putih

Ingin membuat seragam kerja untuk bisnis di bidang layanan? Pertimbangkan kombinasi warna coklat dan putih. Bidang layanan harus memberikan kesan nyaman bagi para pelanggan agar betah memakai layanannya. Warna seragam kerja mampu menghasilkan dan memberikan efek psikologis tersebut.

Kombinasi warna coklat dan putih memberikan kesan yang hangat dan ramah. Jadi sangat cocok untuk bisnis yang bergerak di bidang jasa atau layanan. Kelebihan lain dari kombinasi warna coklat dan putih adalah mudah dipadukan dengan aksesoris lainnya.

Anda bisa memadukan seragam kerja dengan aksesoris seperti sepatu putih, tas kulit coklat, dan lain sebagainya. Aksesoris yang Anda pakai akan membuat penampilan terlihat semakin sempurna.

4. Putih dan Biru Dongker

Selain coklat, warna putih juga bisa dipadukan dengan warna biru, terutama biru dongker. Warna putih memang mudah terlihat kotor, namun memberikan kesan yang bersih dan segar. Oleh sebab itu, sebaiknya dipakai oleh karyawan yang ada di kantor.

Baca Juga :  Konveksi Seragam Kerja di Kendal Berkualitas dan Terpercaya

Sementara warna biru merupakan warna yang cocok untuk perusahaan yang ingin menonjolkan kesan dinamis dan modern. Kombinasi seragam dengan warna putih dan biru dongker cocok dipadukan dengan aksesoris berwarna krem atau coklat.

5. Merah Marun dan Hitam

Hitam dan putih merupakan dua warna dasar yang sering dipilih untuk membuat seragam kerja. Pasalnya warna baju seragam kerja hitam atau putih memang cocok dengan semua warna. Jika ingin memakai warna hitam, cobalah memadukannya dengan merah marun.

Kombinasi warna merah marun dan hitam akan membuat pekerja terlihat lebih percaya diri dan kuat. Perusahaan yang ingin menonjolkan kesan tangguh dan berani memang paling cocok untuk memakainya.

Agar tidak tampak terlalu mencolok, Anda bisa memakai warna hitam sebagai warna utama atau warna dasar. Sementara warna merah marun bisa dijadikan aksen di beberapa bagian seragam. Sangat menarik bukan untuk dicoba?

6. Hijau Army dan Coklat

Hijau army merupakan salah satu warna yang sedang populer akhir-akhir ini. Terutama untuk membuat seragam kerja lapangan. Pasalnya warna hijau army menampilkan kesan yang tegas dan maskulin. Apalagi ketika dipadukan dengan warna coklat, maka kesan tersebut semakin terlihat.

Hal tersebut tentu saja tidak lain karena hijau army identik dengan perusahaan militer. Itulah sebabnya dinamakan dengan hijau army. Selain itu, kombinasi warna hijau army dan coklat juga sering dipakai oleh perusahaan-perusahaan konstruksi.

7. Ungu dan Abu-Abu

Ingin memakai warna yang cerah seperti ungu? Tenang saja, kombinasi yang tepat tetap bisa membuat penampilan terlihat profesional. Warna ungu biasanya dipadukan dengan warna abu-abu untuk memberikan kesan klasik dan elegan.

Warna dasar yang akan diterapkan pada seragam tentu saja adalah abu-abu karena termasuk warna netral. Sementara warna ungu bisa dijadikan sebagai aksen yang menarik untuk seragam Anda. Beberapa perusahaan yang menggunakan seragam dengan kombinasi warna ungu dan abu-abu adalah perusahaan hukum dan perusahaan keuangan.

8. Kuning dan Hitam

Jika perusahaan Anda ingin menampilkan citra yang cerah dan modern, maka warna kuning dan hitam layak untuk dipertimbangkan. Sekarang sudah banyak warna kuning yang menarik untuk dicoba. Warna tersebut akan membuat karyawan terlihat lebih cerah meskipun sedang mengerjakan banyak pekerjaan.

Warna hitam adalah warna dominan yang pemberani. Sedangkan warna kuning bisa menjadi aksen yang membuat seragam terlihat cerah. Perusahaan di bidang teknologi dan kreatif biasanya memilih kombinasi warna seragam kerja ini.

9. Merah, Abu, dan Hitam

Ingin mencoba kombinasi tiga warna berbeda? Anda bisa mempertimbangkan kombinasi warna merah, abu, dan juga hitam. Hitam merupakan warna utama dari seragam yang akan Anda buat.

Sementara warna abu dan merah bisa dijadikan aksen. Warna abu bisa diterapkan pada bagian pundak dan lengan. Sementara warna merah bisa berupa garis-garis pada beberapa bagian seragam. Anda bisa berkonsultasi dengan jasa konveksi jika ingin memadukan tiga warna sekaligus

10. Oranye dan Biru

Akhir-akhir ini juga banyak perusahaan yang menyukai warna oranye karena terkesan cerah. Selain itu, warna tersebut juga akan memberikan kesan energik dan dinamis, apalagi ketika dipadukan dengan warna biru.

Anda bisa menjadi warna biru sebagai warna utama dari seragam kerja. Sedangkan oranye adalah aksen dari seragam. Kombinasi warna seragam kerja wanita dan pria ini banyak dipakai oleh perusahaan desain grafis atau perusahaan pemasaran.

11. Kombinasi Warna Batik

Ide kombinasi warna terakhir yang layak untuk Anda pertimbangkan adalah warna batik. Batik sendiri merupakan salah satu warisan bangsa, jadi harus dilestarikan. Salah satu caranya dengan memakai warna batik sebagai warna seragam kerja.

Biasanya perusahaan memiliki beberapa seragam kerja. Anda bisa menjadikan batik sebagai salah satunya. Tidak harus dijadikan warna utama, batik bisa dijadikan sebagai aksen saja. Contohnya warna utama dari seragam hitam, lalu batik diterapkan pada bagian lengan, kerah, dan kancing sebagai aksen.

Pilih Konveksi Kredibel dan Terpercaya untuk Membuat Seragam Kerja

Bukan hanya memilih kombinasi warna seragam kerja yang bagus saja, Anda juga harus memilih konveksi yang kredibel dan terpercaya untuk membuat seragam kerja. Pastikan konveksi yang Anda pilih mampu membuat warna yang tajam dan baik sehingga hasilnya memuaskan.

Konveksi Ungaran Makmur (CV. Surewi Wardrobe) merupakan konveksi yang tepat untuk Anda pilih. Perusahaan konveksi satu ini sudah berpengalaman membuat berbagai macam seragam kerja. Mulai dari seragam kerja lapangan, kantor, pabrik, dan masih banyak yang lainnya.

Jika masih kebingungan memilih kombinasi warna seragam kerja yang tepat, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim. Nantinya tim akan memberikan rekomendasi warna yang cocok sesuai identitas brand atau bisnis Anda. Bahkan konveksi ini menawarkan gratis seragam dan sample awa. Sangat menguntungkan bukan?

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun Konveksi Ungaran Makmur (CV. Surewi Wardrobe) menawarkan harga yang terjangkau. Anda akan mendapatkan kualitas yang memuaskan dengan harga yang bersahabat. Tertarik menjadikan konveksi ini sebagai vendor? Anda bisa menghubungi tim marketing di nomor telepon dan WhatsApp 087-0800-8637 atau email konveksiungaran@yahoo.com.

Meta Des: Memilih kombinasi warna seragam kerja memang cukup membingungkan bagi beberapa orang. Artikel ini memberikan beberapa ide kombinasi warna untuk Anda pertimbangkan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?