Mengapa Seragam Tambang Harus Nyaman Dipakai dan Kuat?

Menjadi karyawan atau pekerja dalam bidang pertambangan memang susah-susah gampang. Jika waktu gajian tiba, maka semua terlihat sangat mudah. Namun, resiko yang dihadapi juga tergolong besar. Salah satu perlengkapan wajib yang harus dikenakan oleh mereka adalah seragam tambang untuk pekerja lapangan.

Seragam untuk pekerja tambang memang berbeda dari seragam kerja kantor. Hal ini dilatarbelakangi oleh beberapa aspek. Besarnya risiko kerja menuntut mereka untuk mengenakan baju seragam yang lebih kuat dan nyaman dipakai. Mengapa demikian? Inilah ulasannya.

1. Pekerja Tambang Sering Menghadapi Cuaca Ekstrem

Bekerja di bidang pertambangan membuat para pekerja harus bersahabat dengan alam. Panas yang menyengat maupun dingin yang menusuk tulang harus mereka lalui. Jika cuaca sedang panas, maka mereka akan mengeluarkan keringat yang bisa mengganggu fokus kerja.

Maka, mereka perlu memakai baju seragam lapangan yang memiliki bahan berkualitas dan mudah menyerap keringat. Bahan yang menyerap keringat akan membuat suhu tubuh tetap normal meski cuaca sedang panas-panasnya.

2. Pekerja Tambang Sering Berhadapan dengan Debu dan Kotoran

Debu, tanah, dan kotoran lain merupakan hal-hal yang tidak bisa dihindari oleh pekerja tambang, terutama pekerja lapagan. Setiap hari mereka akan bergumul dengan debu dan kotoran. Maka, baju yang akan dipakai harus terbuat dari bahan yang agak tebal, supaya kotoran tidak mudah menempel di kulit secara langsung.

Jika pekerja tambang mengenakan pakaian yang tipis, maka kemungkinan besar kulitnya akan cepat terkena debu dan kotoran. Hal tersebut tentu menjadi satu hal yang kurang baik untuk kinerja pekerja tersebut.

3. Pekerja Tambang Akrab dengan Batu-Batuan

Batu-batuan yang ada di sekitar pekerja tambang, terutama pekerja lapangan, berpotensi besar untuk melukai kulit. Maka, seragam tambang yang dipakai harus terbuat dari bahan yang tidak tipis. Bahan seragam yang kuat dan tebal bisa melindungi kulit dari goresan akibat terpapar batu-batuan.

4. Pekerja Tambang Bergerak Aktif

Pekerja tambang banyak melakukan beragam aktivitas yang memerlukan gerak badan. Maka, mereka butuh seragam kerja yang kuat. Seragam kerja yang berbahan tebal akan lebih awet dan kuat jika dibandingkan dengan seragam kantor atau seragam kerja biasa.

Dalam melakukan tugasnya, mereka akan melakukan beragam gerakan, misalnya mengangkat beban, berjongkok mengambil batuan, dan berjalan ke sana ke sini. Baju seragam yang sering dipakai bergerak rawan sobek atau rusak pada jahitannya. Maka, mereka butuh seragam kerja yang berbahan kuat dan memiliki jahitan baik.

5. Pekerja Tambang Butuh Perlindungan

Pekerja tambang biasanya memakai sebuah baju luar bernama overal. Baju ini termasuk baju pelindung yang biasanya dipakai oleh pekerja tambang. Bahan yang digunakan untuk membuat pakaian luar ini biasanya lebih tebal dari bahan yang dipakai untuk membuat seragam kerja tambang pada umumnya.

Baju luar ini berfungsi untuk lebih melindungi tubuh pekerja dari kemungkinan buruk yang mungkin terjadi, misalnya terkena goresan benda tajam atau terkena benturan dengan peralatan yang ada di sekitarnya.

Nah, itu dia alasan mengapa baju seragam tambang harus terbuat dari bahan yang berkualitas, kuat, dan bisa melindungi badan pekerja dari kotoran. Jika Anda berminat untuk membuat seragam kerja untuk tambang, Anda bisa menghubungi CV. Surewi Wardrobe, jasa konveksi terbaik di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Jasa konveksi ini bisa membuat seragam kerja spesial untuk Anda dan kantor Anda.