Mengenal Lebih Dekat Dengan Baju Proyek

Kemeja proyek tentunya digunakan saat terjun ke lapangan, tentunya baju ini harus mengikuti standar keselamatan. Hal ini dikarenakan rawannya kecelakan pada saat bekerja langsung di lapangan, agar tidak membahayakan diri serta tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan tentunya kamu harus menggunakan baju ini. Biasanya pekerja lapangan diwajibkan untuk menggunakan pakaian ini. Jadi tidak heran jika pakaian ini memiliki fungsi yang banyak serta terdapat jenis ini. Sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, mengingat pekerjaan di lapangan berbeda medannya serta berbeda juga bahaya yang akan dihadapi. Karena itu kamu harus jeli dalam memilih pakaian proyek sebab jika salah langkah maka nyawa yang menjadi taruhannya.

Fungsi pakaian proyek

Fungsi utama dari pakaian ini adalah untuk melindungi tubuh dari bahaya yang dapat memicu kecelakaan saat bekerja. Serta tingkat perlindungan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dari karyawan. Sebab lapangan pekerjaan setiap orang berbeda-beda bahayanya, mengingat baju ini digunakan untuk pekerja tambang, mekanik kapal, pemadam kebakaran, serta mekanik bengkel dimana setiap rintangan dari pekerjaan tersebut berbeda. Dan juga baju ini memiliki fungsi sebagai identitas, dimana identitas sendiri memiliki tujuan agar pekerja dapat tampil seragam dan juga menunjukkan identitas dari jabatan. Apalagi jika dalam pekerjaan memiliki divisi maka dapat diberikan tanda lewat baju seperti warnanya, sehingga orang dapat dengan mudah untuk membedakannya. Serta baju ini dapat juga menjadi identitas perusahaan dengan menambahkan logo perusahaan yang dibordir.

Jenis baju proyek berdasarkan fungsinya

Ditinjau dari fungsinya, baju proyek dibagi menjadi 2 macam yaitu baju proyek safety dan baju proyek biasa. Memang fungsi utamanya sama yaitu sama-sama untuk melindungi diri saat bekerja namun yang membedakan adalah prioritas pelindungannya. Baju proyek safety merupakan pakaian keselamatan yang dirancang dengan khusus seperti dari bahannya yang anti api atau menggunakan bahan reflectif yang umumnya digunakan. Biasanya bahan ini digunakan untuk pekerja yang membutuhkan tingkat perlindungan yang tinggi seperti pemadam kebakaran. Untuk baju proyek biasa umumnya digunakan pada pekerjaan yang memiliki tingkat perlindungan yang sedang seperti mekanik bengkel.

Bahan untuk baju proyek

Pemilihan bahan dalam pembuatan kemeja proyek biasanya menggunakan kain yang anti api, anti air, atau lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan. Bahan yang digunakan adalah bahan khusus yang membuat pakaian ini menjadi sempurna dalam melindungi pemakainya. Dan juga pakaian ini dapat memberikan kenyamanan jika digunakan seharian penuh, bagi pekerja yang bekerja pada lingkungan yang redup cahaya atau malam hari sangat dianjurkan untuk menggunakan reflektor pada pakaiannya. Reflektor sendiri dapat memantulkan cahaya yang diterima dengan maksimal sehingga objek akan terlihat dengan jelas walaupun dalam keadaan sedikit cahaya. Jenis reflektor juga banyak macamnya sehingga pilihlah yang bagus agar dapat maksimal daya pantulnya.

Model baju proyek

Baju yang digunakan untuk pekerja proyek biasanya berlengan panjang, hal ini merupakan bentuk perlindungan secara maksimal untuk pekerjanya. Model baju proyek terdiri dari 2 macam yaitu model terusan dimana baju dan celananya bersambung dengan ukuran panjang. Dan juga terdapat baju yang terpisah antara baju dan celananya namun bajunya berlengan panjang begitu juga dengan celananya. Lengan baju yang panjang dikarenakan agar melindungi seluruh badan baik akibat goresan atau kebakaran sehingga tidak menimbulkan luka. Jadi tak heran jika bagian lengan kemeja proyek panjang.