Panduan Cara Membeli Saham Pertamina yang Perlu Anda Ketahui

admin

Saat ini investasi saham sudah gencar-gencarnya diminati oleh kalangan muda. Salah satu investasi yang bisa Anda lakukan adalah investasi di Pertamina.

Investasi di pertamina memberikan banyak sekali keuntungan dan kemudahan bagi pemula sekalipun.

Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di Pertamina, alangkah baiknya jika Anda membaca artikel yang satu ini. Berikut ulasan terkait cara membeli saham Pertamina. Simak selengkapnya ya!

Mengenal Saham Pertamina

Sebelum mulai berinvestasi saham di Pertamina, penting bagi Anda untuk mengetahui profil perusahaan Pertamina terlebih dahulu.

Saham yang satu ini dikembangkan oleh Pertamina sendiri yang merupakan salah satu perusahaan dari BUMN. Pertamina merupakan perusahaan yang paling besar di negara kita ini. Perusahaan ini bersektor di bidang gas dan minyak.

Pertamina ini juga menjadi bagian dari Holding Gas yang terletak di negara kita. Holding gas ini mencangkup banyak sektor, antara lain: niaga gas, transportasi gas, proses dan distribusi gas, serta bisnis lainnya yang masih ada kaitannya dengan gas alam.

Pertamina menjadi satu-satunya perusahaan BUMN Migas yang diandalkan oleh masyarakat kita. Oleh karena itu profit dan omzet dari perusahaan pertamina tidak diragukan lagi. Risiko anjloknya harga sahamnya pun cukup rendah.

Anda harus melakukan berbagai cara untuk bisa membeli saham milik Pertamina ini. Hal itu dikarenakan Pertamina tidak menjual sahamnya secara publik. Namun Anda tak perlu khawatir, investor pemula sekalipun bisa membeli saham di Pertamina.

Keuntungan Membeli Saham Pertamina

Anda akan mendapatkan keuntungan-keuntungan jika Anda membeli saham di Pertamina. Berikut ini adalah keuntungan membeli saham Pertamina, antara lain:

Baca Juga :  Keuntungan dari Strategi Pyramiding dalam Trading Saham

1. Risiko Saham Anjlok Cukup Rendah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Pertamina menjadi salah satu perusahaan dari BUMN dan memiliki saham yang diincar banyak kalangan investor. Maka dari itu profit yang dimiliki selalu stabil dan jarang mengalami penurunan.

2. Profit dan Omzetnya Tinggi

Selain risikonya cukup rendah, profit/omzet yang akan Anda dapatkan juga tinggi. Hal ini didukung dengan Pertamina sebagai satu-satunya perusahaan gas yang diandalkan oleh masyarakat Indonesia.

3. Menjadi Pelindung Aset Anda dalam Jangka Panjang

Jenis instrumen investasi yang dilakukan di perusahaan Pertamina adalah investasi saham.

Investasi saham merupakan salah satu cara yang tepat untuk melindungi aset Anda dalam jangka waktu yang panjang serta mendapatkan profit dari aset yang Anda investasikan ke Pertamina.

Panduan Cara Membeli Saham Pertamina dengan Mudah

Anda bisa membeli saham Pertamina lewat perusahaan yang menjadi pemegang mayoritasnya, yaitu PT Perusahan Gas Negara Tbk atau bisa disebut PGAS.

Nah perusahaan inilah yang sahamnya telah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Maka dari itu, Anda bisa membeli saham Pertamina lewat PGAS.

Lalu bagaimanakah cara untuk membeli saham Pertamina, yakni saham PGAS? Berikut cara membeli saham Pertamina, antara lain:

  • Buka Akun Saham di Perusahaan Sekuritas / Online.

Supaya Anda bisa membeli saham di BEI, Anda diwajibkan untuk mempunyai rekening efek terlebih dahulu. Hal ini karena Anda akan menggunakan software online trading yang ada di perusahaan sekuritas.

Anda bisa membuka akun saham Anda di perusahaan sekuritas yang telah Anda pilih. Pembukaan akun dan rekening efek biasanya membutuhkan waktu 2 hari hingga 2 mingguan.

  • Masuk ke software saham yang telah disediakan oleh perusahaan sekuritas Anda.
  • Klik “Trade” atau “Buy”.
  • Akan muncul detail pembelian, kemudian pilih code saham Anda menjadi “PGAS”.
  • Akan muncul antrian saham Anda yang terdiri dari bid dan offer.
  • Mulailah untuk menginputkan harga beli dan jumlah lot saham yang hendak Anda beli. 1 lot saham itu terdiri dari 100 lembar saham.
Baca Juga :  Mengenal Strategi Dividend Reinvestment Plan (DRIP) dalam Trading Saham

Misal Anda ingin membeli 10 lot saham PGAS yang harganya Rp 1.620. Maka Anda bisa menghitungnya seperti ini. Rp 1.620 x 10 x 100 = Rp 1.620.000.

  • Anda akan dikenai biaya atau fee pembelian saham. Namun Anda tak perlu cemas karena biaya tersebut termasuk kecil.
  • Selanjutnya klik “Buy”.
  • Selesai. Selamat Anda dinyatakan sebagai pemegang saham di Pertamina, lewat pembelian saham PGAS.

Tips Investasi Saham di Pertamina

Anda pasti ingin mendapatkan profit dari investasi Pertamina yang Anda lakukan kali ini. Terdapat tips-tips yang bisa Anda lakukan agar untung di investasi yang Anda lakukan. Berikut tips melakukan investasi di Pertamina.

1. Beli Saham Pertamina Saat Harganya Stabil

Meskipun harga saham di Pertamina bisa disebut stabil, namun yang namanya saham pasti sering berubah seiring berjalannya waktu. Perubahan itu bisa naik ataupun turun.

Nah Anda bisa membeli saham Pertamina saat harganya tidak naik ataupun turun, yakni saat harganya stabil.

2. Jangan langsung Beli Saham Pertamina dalam Jumlah yang Banyak

Anda sebagai Investor harus bisa menahan diri agar tidak membeli saham dengan jumlah banyak. Meskipun Anda mulai dengan modal yang cukup besar, tapi mulailah dengan jumlah yang sedikit.

Jika prospeknya ternyata bagus, Anda bisa membeli lagi secara rutin. Jika Anda membeli saham tanpa melakukan analisis terlebih dahulu, itu akan justru memperbesar risikonya.

Jika Anda sudah mempunyai saham di PGAS, itu artinya Anda telah menjadi investor secara sah di perusahaan Pertamina. Mempunyai saham di PGAS sudah menjadi bagian dari perusahaan Pertamina juga.

Meskipun Anda hanya membeli beberapa lot, secara hukum saham itu sudah termasuk ke dalam bagian dari Pertamina.

Itu dia panduan cara dalam membeli saham pertamina yang mudah untuk Anda. Sekian, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?