Model Seragam Guru Terbaru Sesuai Aturan

admin

Guru merupakan sosok yang paling dikenal dan dikagumi masyarakat. Salah satunya yaitu penampilan guru yang selalu rapi dan menarik perhatian banyak orang. Penampilan tersebut dapat dilihat dari seragam yang dikenakan.

Pada zaman dulu, guru lebih banyak mengenakan baju lengan pendek dan dimasukkan ke dalam. Biasanya dipadukan dengan celana panjang berwarna hitam hingga terlihat rapi dan sopan. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, seragam guru kebanyakan berbentuk blazer dengan rok span berwarna hitam.

Simak informasi mengenai perbedaan seragam guru di bawah ini!

Macam Jenis Seragam Guru Terbaru

Beberapa perbedaan seragam guru zaman dulu dan sekarang yaitu sebagai berikut :

1. Baju Batik Korpri

Seiring berkembangnya zaman, pemerintah membuat kebijakan baru untuk membentuk korp pegawai Indonesia. Korpri ini merupakan wadah organisasi PNS ( Pegawai Negeri Sipil ) yaitu guru.

Baju korpri ini pada zaman sekarang dijadikan seragam batik untuk aktivitas sehari-hari. Batik ini sangat terkenal untuk kalangan PNS. Batik korpri ini berwarna biru dan mempunyai lambang hari kemerdekaan dan pancasila. Simbol yang terdapat di baju tersebut antara lain pohon pelindung 17 ranting, 8 cabang, dan 45 daun.

Sedangkan penggunaan baju korpri pada zaman dahulu hanya dikenakan pada saat upacara hari besar. Misalnya upacara 17 agustus, Hari guru, Hari korpri, dan lain-lain.

2. Pakaian Dinas Berwarna Khaki

seragam guru dan PNS ini pada zaman sekarang digunakan setiap hari senin dan selasa. Seragam guru ini berbentuk atasan yang dilengkapi dengan rok ataupun celana. Akan tetapi, seragam guru zaman sekarang sangat ketat dan tidak terlalu nyaman untuk dipandang.

Baca Juga :  Konveksi Seragam Kantor Terpercaya

Sedangkan pada zaman dulu, guru dan PNS menggunakan pakaian dinas ini setiap hari sebelum ada korpri batik. Berbeda dengan guru zaman sekarang, seragam guru yang satu ini terlihat lebih besar dan tidak terlalu ketat.

3. Pakaian Putih Hitam

Pakaian ini sering digunakan guru pada hari senin maupun kamis. Guru pada zaman sekarang mengenakan seragam ini dengan kemeja putih lengan panjang dilengkapi dengan bawahan yang berwarna gelap, bisa celana atau rok.

Yang membedakan dengan guru zaman dahulu yaitu pemakaian baju pada hari jumat. Model pakaian yang digunakan hampir sama yaitu kemeja putih dengan bawahan hitam. Untuk Perempuan dilengkapi dengan kerudung berwarna hitam.

4. Baju Batik Bebas Sopan

Kedua seragam guru ini untuk guru zaman sekarang dan dulu tidak ada bedanya. Akan tetapi, guru pada zaman dulu menggunakan baju batik ini tidak sesuai hari, bisa dikatakan bebas menggunakan batik untuk hari apapun.

Sedangkan guru pada zaman sekarang, pemakaian seragam batik ini digunakan pada hari jumat. Untuk guru perempuan biasanya mengenakan bawahan hitam dilengkapi dengan sepatu pantofel.

5. Seragam PGRI

Seragam PGRI ini motifnya seperti batik berwarna hitam dan putih.Seragam PGRI ini dilengkapi dengan logo PGRI. terdapat 4 garis yang melambangkan fungsi guru sebagai pendidik sekolah.  Motif batik PGRI ini juga melambangkan kelestarian warisan budaya Indonesia.

Pada saat upacara hari guru, seragam PGRI ini wajib  dan harus dikenakan setiap guru. Guru zaman dulu menggunakan seragam ini ketika hari guru saja. Berbeda dengan guru zaman sekarang seragam PGRI ini digunakan setiap hari rabu pada saat mengajar.

Itulah tadi beberapa macam perbedaan seragam guru pada zaman dulu dan sekarang. Sebaiknya ketentuan pemakaian seragam yang diatur oleh dinas pendidikan dapat diterapkan dan digunakan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?