Model Seragam Kerja Lapangan Keren Terbaru dan Jenis Kainnya

admin

Pekerja di lapangan membutuhkan seragam untuk menunjukkan identitas sebuah perusahaan. Bukan hanya itu saja, seragam kerja lapangan keren dan nyaman juga menunjukkan profesionalitas para pekerja dalam menjaga nama baik perusahaannya.

Tidak hanya model dan desainnya saja, Anda juga harus memperhatikan jenis kain saat akan membuat seragam kerja. Usahakan memilih kain yang nyaman untuk dipakai di luar ruangan atau outdoor. Jadi pekerjaan tidak akan terganggu karena baju yang kurang nyaman.

Cukup banyak pilihan kain seragam kerja lapangan yang bisa Anda jadikan pilihan. Artikel ini memberikan informasi mengenai pilihan kain serta tips memilihnya.

10 Jenis Kain Seragam Kerja Lapangan Keren

Berikut ini merupakan 10 jenis kain yang paling sering dipilih untuk membuat seragam lapangan:

1. Kain Drill

Jika mencari kain terbaik untuk baju kerja lapangan keren, maka jawabannya adalah kain drill. Bahkan sebagian besar konveksi ternama memakai kain drill untuk membuat baju kerja lapangan perusahaan-perusahaan besar.

Karakteristik kain drill yaitu memiliki ketebalan yang baik, kuat, tidak mudah kusut, tidak mudah pudar, dan terasa lembut saat dipakai. Jadi pekerja yang memakainya akan merasa nyaman meskipun sedang berada di luar ruangan.

Kain drill sendiri kemudian dibagi lagi menjadi tiga jenis berbeda yaitu japan drill, twist drill, dan american drill. Japan drill memiliki serat yang berukuran besar sehingga lebih tebal dan kuat. Oleh sebab itu sering dipilih untuk membuat seragam kerja lapangan.

Sedangkan twist drill merupakan kain drill yang berukuran paling kecil. Kelebihannya yaitu bersifat tahan air atau waterproof. Terakhir yaitu american drill memiliki tekstur yang lembut sehingga disukai untuk seragam kerja lapangan, terutama perusahaan otomotif biasanya memilih american drill ini.

2. Kain Katun

Selain kain drill, kain katun juga menjadi jenis kain yang populer untuk membuat baju kerja lapangan. Kelebihan jenis kain ini yaitu tidak mudah luntur, mudah diatur sehingga nyaman, dan menyerap keringat dengan baik.

Kain katun termasuk kain berbahan dasar serat kapas sehingga mudah disablon. Biasanya perusahaan-perusahaan menambahkan sablon di seragam kerja sebagai identitas pekerja. Jika memilih kain katun, maka sablon mudah untuk ditambahkan sehingga tidak membuat seragam terlihat aneh atau kurang bagus.

Meskipun begitu, kain katun tetap memiliki kekurangannya sendiri yang sering menjadi pertimbangan sebelum memilihnya. Adapun kekurangannya yaitu katun termasuk kain yang tipis sehingga ketahanannya kurang baik. Jadi harus dipertimbangkan ketika dipakai di lapangan.

3. Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan jenis kain yang masih termasuk keluarga katun. Meskipun begitu tidak seperti katun, kanvas termasuk kain yang sangat kuat. Selain dijadikan bahan seragam kerja lapangan, kain kanvas juga dipakai untuk membuat tas lapangan dan sepatu.

Ciri khas kain kanvas yaitu memiliki tekstur tebal dan cukup berat. Meskipun begitu, masih banyak perusahaan yang memilihnya karena nyaman dipakai saat bekerja. Apalagi kanvas memiliki daya tahan yang sangat baik. Terutama ketika terpapar oleh sinar matahari, hujan, ataupun cuaca ekstrim.

Ada cukup banyak jenis kanvas untuk seragam kerja. Setiap jenis kanvas memiliki ciri khas masing-masing. Selain dipakai untuk membuat seragam kerja outdoor, banyak juga yang membuatnya sebagai outer. Sifatnya yang kuat membuat seragam kerja dari kanvas lebih tahan lama.

4. Kain Ripstop

Dibandingkan dengan tiga kain sebelumnya, kain ripstop mungkin masih sedikit asing untuk Anda. Namun kenyataannya banyak sekali baju-baju dan seragam yang terbuat dari kain ripstop. Kain ripstop sendiri merupakan jenis kain yang mirip dengan kanvas.

Kain ripstop dan kanvas memiliki karakteristik yang sama yaitu tebal dan kuat. Jadi sering dipakai untuk membuat seragam kerja. Sementara perbedaan di antara keduanya ada pada motif di permukaannya.

Motif pada kain ripstop berbentuk kotak-kotak kecil yang terlihat samar. Sedangkan kain kanvas adalah kain polos yang tidak memiliki motif. Kebanyakan orang memilih kain ripstop untuk membuat kemeja adventure. Selain itu, kain ini juga sering dipakai untuk melengkapi kebutuhan seragam militer.

5. Kain Oxford

Namanya sangat unik bukan? Kain oxford merupakan salah satu kain untuk membuat seragam kerja lapangan keren. Namun memang cukup jarang dipilih untuk pekerjaan lapangan. Pasalnya kain oxford memiliki serat benang yang lebih kecil dan tipis dibandingkan kain drill.

Meskipun begitu, tetap ada beberapa orang yang menyukai kain oxford. Pasalnya jenis kain ini terasa lebih ringan dan sejuk, jadi akan sangat nyaman saat dipakai di lapangan. Bukan hanya itu saja, kain oxford termasuk kain yang harganya terjangkau sehingga bisa membuat Anda berhemat.

Baca Juga :  Supplier Seragam Kerja Teknisi Murah Berkualitas

Kelebihan lain dari kain oxford yaitu memiliki tampilan formal sehingga terlihat elegan. Pertimbangkan dengan baik kelebihan dan kekurangan kain oxford sebelum memilihnya sebagai bahan untuk membuat seragam kerja lapangan.

6. Kain Twill

Kain twill merupakan jenis kain yang memiliki tekstur dan penampilan unik. Pasalnya kain terbuat dari benang yang diikat sebanyak tiga kali lipat. Jadi muncul motif diagonal khas yang membuat baju kerja lapangan terbaru Anda tampak semakin menarik.

Ada beberapa kelebihan kain twill sehingga dipilih sebagai kain untuk seragam kerja. Kelebihan tersebut yaitu tebal, tahan lama, dan nyaman. Kekuatan dan ketahanannya membuat seragam awet meskipun dipakai setiap hari di luar ruangan.

Bukan hanya itu saja, kain twill juga termasuk bahan yang mudah menyerap keringat dengan baik. Jadi sangat cocok dipakai di luar ruangan yang sering terpapar sinar matahari. Tidak hanya untuk seragam kerja lapangan saja, kain twill juga sering dipakai untuk membuat celana lapangan, jaket lapangan, hingga jaket kantor.

7. Kain Lotto

Dibandingkan seragam kerja lapangan, kain lotto memang lebih sering dimanfaatkan untuk membuat pakaian olahraga. Meskipun begitu Anda tetap bisa mempertimbangkannya karena kain lotto memiliki ciri khas yang bagus untuk seragam lapangan.

Kain lotto sendiri merupakan jenis kain yang mirip dengan polyester, jersey, atau campuran keduanya. Biasanya seragam dari kain lotto berbentuk kaos, bukan kemeja. Jadi jika Anda menginginkan seragam yang berbentuk kaos bisa memilih bahan satu ini.

Karakteristik utama dari kain lotto yaitu elastis dan lembut saat dipakai. Saat cuaca sedang panas, kain satu ini sangat membantu membuat suhu tubuh lebih stabil.

Dulu kain lotto memiliki penampilan fisik yang tidak mengkilap. Namun seiring perkembangan zaman, muncul berbagai macam kain lotto. Salah satunya yaitu varian lotto metalic yang mengkilap. Ketebalan dari kain ini sendiri hampir sama seperti kain katun yang juga sangat nyaman.

8. Kain Jenis Tropical

Selain beberapa kain drill yang telah disebutkan sebelumnya, ada juga jenis kain drill lain yang sering dipakai untuk membuat seragam kerja yaitu tropical. Kelebihan jenis kain satu ini yaitu memiliki warna yang kuat dan sangat baik. Jadi warna tersebut tidak mudah luntur dan membuat seragam terlihat kusam.

Bukan hanya dari segi warna saja, kain tropical juga memiliki ketebalan yang pas. Banyak orang mengatakan kain ini nyaman dipakai saat bekerja di luar ruangan atau lapangan. Anda juga tidak perlu terlalu sering menyetrika seragam karena tropical tidak mudah kusut.

Beberapa instansi pemerintahan dan PNS sering memilih tropical untuk membuat seragam. Sayangnya Anda harus merogoh budget lebih banyak karena kain tropical memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan kain-kain lainnya.

9. Kain Castilo

Sama seperti tropical drill, kain castilo ternyata juga termasuk golongan kain drill untuk seragam kerja lapangan keren. Oleh sebab itu beberapa perusahaan konveksi menyebut kain satu ini dengan nama castilo drill.

Kain castilo menjadi pilihan terbaik jika Anda mencari bahan untuk seragam kerja yang murah namun berkualitas. Dengan serat kain yang rapat dan kuat, seragam Anda akan lebih tahan lama ketika dipakai di luar ruangan.

Tidak hanya kekuatannya, kain castilo juga memiliki sifat yang lembut dan tidak mudah kusut. Apalagi sifatnya yang mudah menyerap keringat paling cocok untuk seragam lapangan.

Namun dari semua kelebihannya tersebut, kain castilo memiliki kekurangan. Kain ini terbilang tipis sehingga tidak cocok untuk Anda yang mencari kain tebal. Akan tetapi jika Anda mencari kain yang tipis, maka kain castilo menjadi pilihan terbaik.

10. Kain Denim

Kain denim menjadi pilihan terakhir untuk Anda yang ingin membuat seragam kerja lapangan. Sebenarnya denim lebih sering dipakai untuk membuat celana. Akan tetapi akhir-akhir ini mulai populer untuk membuat kemeja atau baju atasan.

Umumnya kain denim memang memiliki ketebalan yang cukup tinggi. Namun seiring waktu, kain denim sudah hadir dengan berbagai macam ketebalan. Anda bisa memilih denim yang tidak terlalu tebal jika ingin membuat seragam kerja lapangan wanita dan pria.

Berbeda dengan kain-kain lainnya yang memiliki banyak warna, kain denim memiliki warna yang terbatas. Oleh sebab itu, masih jarang perusahaan yang memakainya untuk membuat seragam kantor atau seragam lapangan.

Baca Juga :  Design Seragam Kerja Keren dan Kekinian

Jika memilih kain denim untuk seragam, konveksi biasanya akan menggunakan teknik bordir untuk identitas perusahaan. Jika menggunakan teknik sablon, maka identitas perusahaan tidak akan terlihat bagus di seragam tersebut. Kelebihan lain dari seragam berbahan denim yaitu terlihat lebih modern dan stylish.

Tips Memilih Kain untuk Seragam Kerja Lapangan Keren

Selain mengetahui jenis kainnya, ketahui juga tips memilih kain untuk seragam lapangan berikut ini:

1. Kenyamanan

Kenyamanan menjadi poin utama yang perlu Anda pertimbangkan saat akan membuat seragam kerja lapangan. Pasalnya seragam yang nyaman bisa mendukung pekerjaan karena tidak merasa terganggu.

Pastikan memilih kain yang memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik. Pekerja akan sering berada di bawah terik matahari sehingga mudah berkeringat. Jadi pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik akan semakin nyaman untuk dipakai.

Berbeda dengan seragam untuk indoor atau dalam ruangan. Anda bisa memakai bahan yang biasa saja karena tidak berhadapan langsung dengan teriknya sinar matahari.

2. Ketahanan

Tips memilih seragam kerja lapangan keren selanjutnya yaitu memperhatikan ketahanannya. Tidak seperti seragam indoor, seragam lapangan harus memiliki ketahanan yang sangat baik. Pasalnya pada umumnya aktivitas kerja di luar ruangan lebih berat dibandingkan di dalam ruangan.

Pastikan kain yang Anda pilih merupakan jenis kain berkualitas sehingga bertahan dalam jangka waktu lama. Sangat disayangkan bukan jika Anda terlalu sering membuat seragam baru karena seragam lama yang mudah rusak?

Pastikan kain yang dipilih tepat sehingga memiliki daya tahan tinggi. Bukan hanya kainnya saja, Anda juga harus memilih vendor yang tepat. Pasalnya teknik jahit juga berpengaruh pada ketahanan seragam yang Anda buat.

3. Warna

Beberapa orang terlalu fokus pada ketahanan dan kenyamanan hingga lupa memperhatikan warna dari kain yang dipilih. Dua poin terpenting saat memilih warna yaitu memperhatikan ketajamanan dan seberapa mudah warnanya luntur.

Pastikan memilih kain dengan warna yang tajam dan tidak mudah luntur. Jadi seragam tidak terlihat kusam atau lama meskipun dipakai setiap hari.

Selain itu, Anda juga perlu memilih warna sesuai dengan divisi yang diinginkan. Biasanya beda divisi warna seragamnya juga berbeda. Hal tersebut dilakukan agar lebih mudah membedakan antar divisi di lapangan.

4. Mudah Dicuci

Seragam atau kemeja kerja lapangan selalu dipakai pekerja saat bekerja di lapangan. Sebaiknya cari kain yang mudah dicuci. Jadi tidak ada alasan pekerja tidak memakai seragam karena bajunya masih dicuci.

Selain itu, sebaiknya Anda mencari seragam yang tidak menimbulkan bau apek ketika terkena air. Pasalnya pekerjaan di lapangan seringkali berhadapan dengan cuaca tak menentu seperti hujan.

Kain yang mudah dicuci dan dirawat akan sangat membantu para pekerja sehingga mereka lebih disiplin memakai seragam. Seragam yang mudah dirawat juga bisa menghemat waktu serta tenaga dalam mencucinya.

5. Perlindungan Terhadap Sinar UV

Pekerjaan di lapangan umumnya dilakukan di luar ruangan atau outdoor. Jadi pekerja pasti akan sering bekerja di bawah terik sinar matahari. Membuat seragam kerja lapangan yang melindungi dari sinar UV akan sangat membantu.

Sebagian besar serat dapat menyerap radiasi UV alami. Namun serat nilon dan polyester yang sifatnya sintetis biasanya lebih melindungi terhadap sinar UV.

Bukan hanya itu saja, Anda juga harus mempertimbangkan kepadatan dan gramasi kain. Semakin tebal kain biasanya akan semakin baik dalam melindungi tubuh dari sinar UV. Sebagai contoh kain denim mampu melindungi dengan baik karena termasuk kain yang tebal.

6. Sesuaikan dengan Lingkungan Kerja

Tips memilih seragam kerja lapangan yang terakhir yaitu menyesuaikan dengan lingkungan kerja. Hal ini menjadi poin terpenting karena kenyamanan tergantung dari lingkungan kerja juga.

Contohnya pekerja yang memiliki mobilitas tinggi membutuhkan jenis kain yang berbeda dibandingkan pekerja yang menetap. Biasanya kain campuran katun dan polyester menjadi pilihan yang fleksibel.

Rekomendasi Vendor untuk Membuat Seragam Kerja Lapangan

Selain memilih kain yang tepat seragam kerja lapangan keren dan nyaman, Anda juga harus memilih vendor yang kredibel dan terpercaya. Jangan sampai seragam kerja yang dibuat tidak memuaskan sehingga membuat banyak pekerja merasa kecewa.

Rekomendasi vendor terbaik untuk Anda yang ingin membuat seragam kerja lapangan adalah Konveksi Ungaran Makmur (CV. Surewi Wardrobe). Perusahaan konveksi satu ini khusus memproduksi berbagai macam seragam kerja sehingga hasilnya pasti memuaskan.

Selain seragam kerja lapangan, konveksi juga menyediakan seragam kerja kantor, pabrik, hotel, dan lain sebagainya. Anda tinggal memesannya sesuai dengan kebutuhan. Cukup banyak pilihan desain seragam kerja lapangan yang bisa Anda pilih langsung. Anda juga bisa berkonsultasi untuk mendapatkan desain impian.

Konveksi Ungaran Makmur (CV. Surewi Wardrobe) direkomendasikan karena berbagai keunggulannya. Contohnya yaitu fokus pada kualitas, berpengalaman, gratis sample, gratis desain seragam, tepat waktu, bergaransi, dan pastinya harga yang ditawarkan terjangkau.

Anda bisa menghubungi tim marketing melalui WhatsApp, telepon, atau email untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Nomor telepon dan WhatsApp yang bisa dihubungi yaitu 0878-0800-8637. Sementara email yang bisa dihubungi yaitu konveksiungaran@yahoo.com.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Pesan Seragam Kerja ?