Seragam Kerja Lapangan Lengan Panjang

Memilih seragam untuk kerja, khususnya soal bahan kain tentunya harus di pertimbangkan untuk kenyamanan pemakainya, terlebih lagi seragam kerja lapangan lengan panjang. Memakai seragam kerja dengan model lengan panjang tentunya sudah biasa. Hanya saja, jika digunakan di lapangan yang seringkali berkaitan juga dengan ruangan luar, maka tentunya harus menggunakan bahan kain yang nyaman dan tidak mudah panas atau menyerap keringat. Beberapa bahan yang digunakan biasanya dengan menggunakan bahan katun. Namun tentunya, perlu diketahui juga jika katun memiliki beragam jenisnya.

Alasan tentang kenapa pemilihan bahan seragam untuk kerja lapangan harus memiliki kualitas yang baik, dikarenakan jika pekerja atau karyawan tidak memakai seragam yang nyaman maka kerja pun akan sulit. Bayangkan saja, jika harus berada di kawasan luar ruangan dengan panas matahari yang terik, memakai pakaian dengan bahan yang panas. Maka akan sulit untuk berkonsentrasi saat bekerja. Terlebih lagi dengan model seragam lengan panjang, tentunya akan menambah rasa panas. Tidak jauh berbeda juga jika dipakai di dalam ruangan, rasa tidak nyaman akan tetap terasa, terlebih jika fasilitas pendingin sedang rusak atau ruangan penuh orang. Oleh karena itu, memang sebaiknya memilih seragam kerja khususnya dalam segi bahan kainnya harus dilakukan dengan baik dan juga maksimal. Karena, karyawan juga akan memberikan hasil yang memuaskan serta berkualitas jika mereka nyaman dan juga konsentrasi tanpa adanya gangguan.

Jenis-jenis bahan untuk seragam lengan panjang

Mempertimbangkan jenis atau bahan kain yang akan digunakan untuk membuat seragam merupakan hal yang penting. Di mana karyawan yang berjumlah banyak, mulai dari ratusan hingga ribuan yang menggunakannya. Sehingga jenis-jenis bahan harus ditentukan dengan kualitas yang sesuai untuk dipakai oleh karyawan dengan model lengan panjang dan berada di lapangan kerja. Berikut beberapa jenis bahan atau kain yang cocok dan memiliki kualitas untuk dibuat sebagai seragam kerja dengan lengan panjang, yaitu;

  1. Bahan kain katun; yang memang memiliki harga yang cukup mahal namun kualitas tentunya tidak diragukan. Bahan katun ini memiliki tekstur yang lembut dan juga lebih halus. Sehingga akan sangat nyaman sebagai pakaian. Selain itu juga, bahan dari kain katun menyerap keringat. Kain katun memang merupakan bahan tipis, namun kelebihannya yang sekalipun tipis namun beberapa jenis tidak carang saat direntangkan dan juga cocok untuk dipakai di lingkungan yang panas. Memakan seragam berbahan katun juga akan terlihat rapi dan elegan.
  2. Bahan kain drill; memiliki permukaan kain yang berserat dan juga garis-garis sehingga menjadi cirinya, termasuk juga bahannya yang cenderung tebal. Kain ini sendiri memiliki tiga jenis yang diantaranya twill drill dengan serat yang kecil, American drill dengan serat sedang hingga Japan drill yang memiliki serat besar yang umum digunakan. Namun ada juga yang seratnya lebih besar seperti halnya drill raphael. Kain drill biasanya merupakan campuran antara katun dan juga polyester. Namun kandungan katun yang lebih banyak akan membuat kain drill lebih mahal seperti halnya pada Japan drill. Kain ini cocok untuk seragam bagi para pekerja di luar ruangan atau seragam lapangan outdoor sekalipun dengan model lengan panjang karena lebih awet. Bahannya yang tebal juga sesuai sebagai bahan untuk pakaian safety.
  3. Bahan kain oxford atau tropical; memiliki tekstur yang rata dan juga lebih tipis jika dibandingkan dengan kain drill meskipun komposisinya antara katun dan juga polyester sama dengan kain drill. Perbedaan hanya terletak pada tektur dan juga ketebalannya.

Itulah beberapa jenis kain yang cocok digunakan untuk seragam karyawan sekalipun juga sebagai seragam kerja lapangan lengan panjang.