Berita Terbaru

Jenis-Jenis Seragam Pramuka dan Kelengkapannya

Seragam pramuka mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan pelajar. Seragam dengan warna coklat tua dan coklat muda ini merupakan pakaian yang digunakan oleh semua anggota gerakan pramuka indonesia. Pemilihan warna coklat tua dan muda didasari karena salah satu warna tersebut digunakan oleh para pejuang indonesia ketika masa perang kemerdekaan.

Fungi seragam pramuka yaitu sebagai identitas anggota gerakan pramuka dan sarana pendidikan untuk meningkatkan citra gerakan pramuka. Sedangkan tujuan digunakannya seragam pramuka yaitu supaya anggotanya bisa memiliki akhlak yang sesuai dengan satya dan darma pramuka, disiplin dan memiliki jiwa korsa

Jenis- jenis seragam pramuka

Seragam pramuka memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu:

1. Seragam Harian

Seragam ini dikenakan para anggota pramuka untuk melaksanakan kegiatan pramuka harian. Tetapi, seragam harian juga bisa digunakan pada waktu kegiatan upacara lainnya. Pakaian bisa disebut juga dengan pakaian utama seorang pramuka. Anggota pramuka diwajibkan untuk memiliki minimal satu stel seragam pramuka harian ini.

2. Seragam Kegiatan

Seragam harian merupakan pakaian yang dikenakan ketika anggota pramuka melakukan kegiatan di luar ruangan atau lapangan dan berolahraga. Alasan penggunaan pakaian ini yaitu agar lebih memudahkan aktivitas yang diperlukan. Anggota gerakan pramuka memang tidak diwajibkan mempunyai seragam kegiatan, tapi sangat direkomendasikan untuk memilikinya.

3. Seragam Upacara

Pakaian yang dikenakan anggota gerakan pramuka ketika mengikuti acara upacara tertentu seperti hari pramuka, upacara hari kemerdekaan, upacara pelantikan pengurus/Mabi. Selain itu juga dikenakan ketika menghadiri upacara pembukaan dan penutupan kegiatan nasional,  dan beberapa upacara lain dimana TNI mengenakan seragam PDU IV dan acara kepramukaan di luar negeri. Seragam upacara ini tidak bisa dikenakan sembarang anggota pramuka. Hanya andalan dan majelis pembimbing mulai tingkat kwartir cabang sampai kwartir nasional yang boleh mengenakannya.

4. Seragam Khusus

Pakaian ini hanya dikenakan karena pertimbangan khusus. Seragam khusus terdiri atas pakaian muslim dan pakaian seragam tambahan.

5. Seragam Muslim

Pakaian yang dikenakan karena pertimbangan agama islam. Hal ini untuk membantu anggota muslim terutama putri untuk bisa memakai jilbab tanpa melanggar aturan.

6. Seragam Tambahan

Jenis pakaian seragam pramuka terakhir adalah seragam tambahan. Pakaian seragam tambahan sifatnya sementara dan bisa dikenakan oleh seluruh anggota gerakan pramuka.

Ciri-Ciri Seragam Pramuka

Ciri khas utama yang terdapat pada seragam pramuka adalah perpaduan warna coklat tua dan muda, tetapi terdapat ciri lainnya, berikut ciri-ciri seragam pramuka siaga:

A. Pakaian Seragam Pramuka Siaga Putri

1. Topi pramuka untuk putri berwarna coklat tua dengan bagian tanda tutup kepala di arah kan ke depan. Ukuran lidah topi lebih lebar di bagian depan sekitar lima sentimeter dan berwarna coklat tua. Bentuk topi joki dengan lima potongan.

2. Baju seragam pramuka berwarna coklat muda dan berlengan pendek. Pada bagian samping kanan dan kiri diberikan belahan. Terdapat dua saku tempel di bagian kanan dan kiri pada bajunya, dan bajunya dipakai di luar. 

3. Rok atau bawahan berwarna coklat tua dan berbentuk kulot. Panjang rok berkisar lima sentimeter di bawah lutut.

4. Untuk hasduk atau setangan leher, berwarna merah putih. Berbentuk segitiga sama kaki dan dipakai dengan ring pada bagian hasduknya.

5. Kaos kaki berwarna hitam dan panjangnya sampai betis.

6. Sepatu mengenakan model tertutup, berwarna hitam dengan tumit rendah.

7. Untuk tanda topi sebagai tanda pengenal diletakan di bagian depan dan tengah.

8. Papan nama anggota gerakan pramuka diletakan di bagian depan kanan.

B. Pakaian Seragam Pramuka Siaga Putra

1. Topi yang dikenakan untuk siaga putra sama dengan siaga putri yaitu berwarna coklat tua dengan bagian tanda tutup kepala diarahkan ke depan. Bentuknya topi joki dengan lima potongan. Pada setiap potongan diberi bisban warna coklat selebar 0,75 sentimeter. Ukuran lidah topi lebih bagian depannya sekitar lima sentimeter dan warna coklat tua.

2. Baju seragamnya berwarna coklat muda dan lengan pendek. Terdapat dua saku tempel di bagian kanan dan kiri dan belahan bawah di samping kanan kiri. Bajunya dipakai di luar celana.

3. Celana atau bawahannya berwarna coklat tua dan berbentuk celana pendek. Panjang celana sampai ke lutut.

4. Untuk setangan leher yang dikenakan di bawah kerah baju berwarna merah putih dan bentuknya segitiga sama kaki. Setangan leher dikenakan bersamaan cincin atau ring.

5. Kaos kaki berwarna hitam dan panjangnya sampai betis.

6. Sepatu yang dikenakan model tertutup dan warna hitam.

7. Untuk tanda topi sebagai tanda pengenal diletakan di bagian depan dan tengah.

8. Papan nama anggota gerakan pramuka diletakan di bagian depan kanan.

Demikian pembahasan mengenai jenis dan ciri-ciri dari seragam pramuka semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Pesan Seragam Kerja ?