Tips Memilih Design Seragam Proyek yang Keren

Terdapat banyak sekali desain baju proyek yang dapat kamu pilih, namun selain memperhatikan desain baju tersebut kamu harus tau bagaimana cara menggunakan baju proyek yang benar sehingga aman digunakan. Baju proyek merupakan pakaian keselamatan kerja yang wajib digunakan pada sebagian pekerjaan. Biasanya dikhususkan untuk pekerjaan yang berada di lapangan, sebab pekerjaan yang terjun langsung di lapangan memiliki resiko lebih besar terjadinya kecelakaan saat bekerja dibandingkan mereka yang bekerja di dalam ruangan. Apalagi kecelakaan tersebut tidak dapat dihindari, sehingga ada baiknya untuk kita mencegah sebelum terjadi. Pemicu utamanya kecelakaan saat bekerja tidak lain akibat kurangnya perhatian para pekerja dalam mematuhi prosedur yang berlaku. Ditambah lagi dengan peralatan dan perlengkapan yang tidak memenuhi standar dalam keselematan kerja. Oleh karena itu baju proyek merupakan salah satu dari Alat Pelindung Diri yang wajib digunakan.

  1. Pilihlah baju dengan bahan yang awet

Dalam melakukan pemilihan bahan pakaian proyek harus sangat diperhatikan, sebab bahan sebuah pakaian memberikan pengaruh besar terhadap kenyamanan si pemakainya. Apalagi pekerja lapangan memiliki resiko besar terkena bahaya. Karena itu hindarilah pemakaian bahan yang terlalu tebal sebab dapat membuat mudah berkeringat, tentunya tidak membuat nyaman mengingat para pekerja lapangan selalu terpapar sinar matahari. Dan juga jangan memilih bahan yang terlalu tipis karena mudah koyak serta membuat kepanasan jika terkena sinar matahari akibat tipis. Karena itu pilihlah bahan yang mampu menyerap keringat, karena pekerja lapangan pasti mudah bekeringat.

  1. Menyesuaikan ukuran

Untuk memilih ukuran baju tentunya kamu harus menyesuaikan dengan ukuran badan, karena itu pilihlah baju yang pas. Jika kamu memilih baju yang kebesaran akibat berpikir dapat digunakan dalam waktu lama, tentunya hal ini justru membahayakan. Sebab baju yang kebesaran dapat menghalangi ruang gerak kamu, serta mudah terinjak sehingga dapat terjatuh atau mudah tersangkut dengan mesin. Atau kamu memilih baju yang kekecilan tentunya dapat membuat tidak nyaman sebab menimbulkan sesak sehingga saat bergerak tidak fleksibel. Karena itu pilihlah yang sesuai ukuran agar tidak menghalangi ruang gerak. Mengingat baju proyek kamu gunakan sehari-hari karena itu pilihlah yang benar-benar membuat nyaman dipakai.

  1. Hindari penggunaan baju yang berdasi

Ada baiknya untuk tidak menggunakan baju proyek sekaligus menggunakan dasi, sebab hal ini dapat berbahaya apabila kamu berdiri dekat mesin. Karena jika tertiup angin akan masuk ke dalam mesin tersebut sehingga dapat membuat leher tercekik. Jika dibiarkan nyawa kamu akan menjadi taruhannya, karena itu hindarilah pemakaian dasi serta pilihlah baju proyek yang tidak memiliki hiasan yang mudah tersangkut.

  1. Menghindari bahan yang mudah terbakar

Sebagian pekerjaan ada yang menuntut karyawannya bekerja di daerah rawan ledak. Seperti di daerah kebakaran atau kawasan tempat pesawat jatuh. Untuk pekerja yang ditugasnya di daerah tersebut ada baiknya untuk memilih bahan pakaian yang tidak mudah terbakar. Sebab jika kamu menggunakan baju yang mudah terbakar maka diri kamu memiliki kemungkinan besar untuk terbakar. Karena itu gunakanlah bahan yang anti api apalagi jika kamu bekerja untuk misi menyelamatkan korban.  Karena itu dalam penggunaan baju proyek banyak hal yang harus kamu perhatikan, sebab bukan hanya desain baju proyek yang menjadi perhatian agar dapat tampil menarik. Namun juga beberapa hal yang dapat menunjang keselamatan serta membuat nyaman.