Tips perawatan pada seragam kerja


Menanggapi banyaknya email yang masuk menganjurkan untuk membahas tentang tatacara perawatan pakaian terutama seragam kerja, maka pada kesempatan kali ini saya mencoba untuk mengulas mengenai hal2 yang perlu di perhatikan dalam perawatan seragam kerja.

Seragam kerja adalah pakaian yang selalu di kenakan keseharian dalam bekerja, karena seringnya di pakai maka biasanya seragam kerja ini jika tidak di perhatikan dalam perawatannya maka seragam kerja akan mudah sekali rusak atau tidak layak pakai lagi dalam artian umur seragam kerja ini menjadi pendek.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam merawat seragam kerja:

1. Periksa label intruksi perawatan pada seragam Anda, jika ada intruksi perawatannya cukup ikuti saja instruksinya. Biasanya dalam label instruksi perawatan seragam kerja berbeda beda, sesuai dengan jenis bahan baca ini dan jenis tenunan.

2. Jika tidak ada label instruksi perawatan pada seragam kerja, Anda seharusnya melakukan perawatan kurang lebihnya seperti ini:

* Untuk seragam kantor jika mungkin cucilah seragam kerja Anda dengan tangan saja, namun jika menggunakan mesin cucilah dengan kecepatan rendah, berbeda dengan seragam untuk karyawan yang bekerja di lapangan karena bahan antara seragam kantor dan seragam lapangan biasanya berbeda. Gunakanlah detergen yang soft dan tambahkan pula pelembut pakaian untuk tetap menjaga agar seragam kerja tetap lembut.

* Pada saat mengeringkan seragam kerja hindarkan dari sinar matahari langsung, jika menggunakan tumble dry gunakanlah pada suhu yang sedang.

* Waktu menyetrika seragam sebaiknya menggunakan setrika yang berlapis teflon dengan suhu hangat dan jangan lupa untuk menyemprotkan pewangi pakaian pada waktu menyetrika seragam Anda.

* Pastikan Anda lemari pakaian seragam oleh menempatkannya di gantungan untuk menghindari berkerut dan tersebar di beberapa kapur untuk menghindari ngengat dan simpan wangi.

* Simpanlah seragam kerja Anda pada lemari yang tidak lembab udara , gunakan gantungan baju untuk menyimpan kemeja, jas, blazer untuk menghindari kusut, kalau t shirt, poloshirt, celana cukup di lipat saja. Jika di perlukan gunakan pewangi lemari untuk menjaga agar seragam tetap nyaman sewaktu di pakai.

* Untuk mendapatkan hasil maksimal jika memungkinkan lakukanlah pencucian seragam kerja Anda di loundry minimal satu bulan sekali.

Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalm rangka perawatan seragam kerja. Mudah mudahan dapat menjawab pertanyaan Anda.

Surewi wardrobe adalah supplier seragam kerja yang berlokasi di Tangerang / Jakarta.